IDENTIFIKASI POTENSI KERUSAKAN PADA BOTTOM OUTLET BENDUNGAN PASELLORENG

Rini S Harun, Zaky Fhanisworo, Anshar Anshar

Abstract


Bendungan Paselloreng yang terletak di Kabupaten Wajo Provinsi Sulawesi Selatan di impuonding pada tanggal 01 maret 2021 adalah bangunan sebagai pengendali banjir dan bangunan penyimpan air pada saat musim kering. Bendungan yang didesain dengan fasilitas bottom outlet. Salah satu permasalahan yang dijumpai di lapangan yaitu terkait bottom outlet. Saat pembahasan persiapan pengisian awal waduk, hasil sidang Pleno KKB (Komisi Keamanan Bendungan) merekomendasikan agar bendungan dilengkapi dengan fasilitas bottom outlet yang dibangun pada terowongan pengelak untuk mengantisipasi potensi-potensi rembesan, retakan dan penurunan. Kemudian setelah bendungan sudah beroperasi, bottom outlet direncanakan dapat difungsikan sebagai bangunan pengeluaran tambahan, pembilasan sedimen dan emergency outlet. Namun, hingga saat ini bottom outlet belum dapat difungsikan dengan optimal dikarenakan rumah bottom outlet belum selesai dibangun serta beberapa permasalahan lain. Permasalahan yang terjadi pada operasi bottom outlet umumnya disebabkan oleh kondisi aliran dengan kecepatan yang tinggi, seperti erosi, kerusakan akibat getaran, kavitasi dan disipasi energi yang kurang memadai 


Keywords


Bottom Outlet, disipasi energi, Kavitasi

Full Text:

PDF

References


Ahmada, Rajib, 2016. Studi Ankutan Sedimen di Hilir Bendungan Karet Sungai Amirsayafi, P., 2015. “Measures for Success in Dam Bottom Outlet Design”. GSTF Journal of Engineering Technology (JET) Vol.3 No. 3.

Anubhav dan Nayak, A., 2015. “Bottom Outlet of Koldam HEPP-Scheme, Challenges and Performance – A Case Study”. Global Energy Technology Summit.

Burgi, P. H., Regan, R. P., Jansen, R. B. dan Scherich, E. T., 1988. “Outlet Performance and Remedial Measures”. Advanced dam engineering for design, construction, and rehabilitation, R. B. Jansen, Ed. New York: Van Nostrand Reinhold, 1988, ch. 22, pp 704-721.

Liu, T., 2014. ‘‘Modelling Air-Water Flows in Bottom Outlets of Dams’’ TRITA-LWR PHD 2014:02.

Najafi, Roshan, Zarrati dan Kavianpour, 2009. “Numerical Modeling of Flow Condition in a Bottom Outlet”. Proceedings of 16th IAHR-APD Congress and 3rd Symposium of IAHR- ISHS.

Yang, J., Teng, P., Nan, J., Li, S. dan Ansell, A., 2020. “Assessment and Prediction of Air Entrainment and Geyser Formation in a Bottom Outlet: Field Observations and CFD Simulation”. Fluids MDPI 2020, 5, 203.




DOI: https://doi.org/10.26618/th.v15i1.7643

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.