ANALISIS KAPASITAS DAYA TAMPUNG KOLAM REGULASI NIPA-NIPA SEBAGAI SOLUSI BANJIR KOTA MAKASSAR

Muh. Amir, Rahmawati Rahmawati, Muh. Ikhsan Ridwan

Abstract


Saluran alam atau sungai dan anak sungai yang ada pada daerah aliran Sungai Tallo tersebut pada saat ini sudah banyak mengalami pendangkalan sehingga kapasitasnya sudah tidak mampu menampung debit banjir yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas tampungan Kolam Regulasi Nipa-Nipa dalam mengurangi banjir di kota Makassar dan menganalisis fluktuasi muka air kolam pasca banjir akibat evaporasi dan rembesan air waduk. Metode yang digunakan dalam menganalisis curah hujan rencana adalah metode Gumbel. Untuk perhitungan debit banjir rancangan digunakan metode hidrograf satuan sintetik Nakayasu (HSS Nakayasu). Dalam penelitian ini digunakan rumus efektivitas untuk menganalisis seberapa efektif Kolam Regulasi Nipa-Nipa dalam mengurangi banjir di kota Makassar dengan memperhatikan fluktuasi muka air kolam pasca banjir akibat evaporasi dan rembesan air waduk. Penelitian ini dilakukan dengan pengambilan data lewat instansi terkait. Dari hasil penelitian diperoleh nilai tampungan maksimum yang terjadi adalah sebesar ±3,447,917,35 m³ dengan luas ±1,181,1067 m². Waduk Kolam Regulasi Nipa-Nipa efektif menampung air banjir pada Q₂₀₀ sampai 103 hari. Fluktuasi muka air waduk turun rata-rata 0,838 m/bulan pada saat cuaca cerah dan tidak ada lagi input air dari sungai. Kesimpulan penelitian menjadikan Waduk Kolam Regulasi Nipa-Nipa  efektif dalam mengurangi banjir di kota Makassar.


Keywords


banjir, efektivitas, evaporasi, fluktuasi muka air , rembesan air waduk

Full Text:

PDF

References


Arief Rosyidie, (2013). Banjir: Fakta Dan Dampaknya, Serta Pengaruh Dari Perubahan Guna Lahan. Institute Teknologi Bandung, Bandung.

Hermawan, PT Virama Karya. (2013). Laporan Akhir Review DD. Kolam Regulasi Nipa-Nipa Kabupaten Maros. Kementerian Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Sumber Daya Air. Satker Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan- Jeneberang, Makassar.

Soewarno, (1995). Hidrologio Aplikasi Metode Statistik Untuk Analisis Data, Nova, Bandung.

Sosrodarsono, suyono. dkk, (2008). Perbaikan Dan Pengaturan Sungai. Pradnya Paramita, Jakarta.

Suripin, (2004). Sistem Drainase Perkotaan Yang Berkemajuan. Andi, Yogyakarta.

Saiby, A.M.S., Hasanuddin A.H. (2018). Studi Kapasitas Tampung Waduk Nipa Nipa Sebagai Upaya Penanggulangan Banjir Kota Makassar. Prosiding Seminar Hasil Penelitian (SNP2M) 2018 (pp.126-131). Makassar: Teknik Sipil Politeknik Negeri Ujung Pandang.




DOI: https://doi.org/10.26618/th.v14i2.6118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.