STUDI POSISI LAYOUT DERMAGA PENDIDIKAN POLITANI DI PANTAI MANDALLE KABUPATEN PANGKEP

Irawan Alham, Irwan Irwan, Amir Yusuf

Abstract


Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan perlu memiliki dermaga pendidikan. Keberadaan dermaga bisa sebagai tempat tambat kapal latih Politani dan menunjang praktikum  dua prodi baru di jurusan penangkapan ikan yaitu prodi teknik kelautan dan prodi pelabuhan dalam hal pelaksanaan praktikum dan survey oceanografi. Posisi dermaga yang baik merupakan salah satu faktor keberhasilan pembangunan dermaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi dermaga yang baik dan cocok diterapkan dilokasi pantai dibelakang kampus Politani. Pengambilan data dilakukan pada bulan mei sampai bulan juli tahun 2019. Pengambilan data diawali dengan pengambilan data pasang surut dilokasi kegiatan selama 15 hari dengan interval pembacaan 1 jam untuk mengetahui tunggang pasang surutnya. Setelah itu dilakukan survei batimetri seluas 500 x 1000 m2. Pengambilan data sekunder juga dilakukan yakni pengambilan data angin untuk analisis arah dan tinggi gelombang. Hasil analisis survei batimetri menunjukkan bahwa perairan lokasi dermaga pendidikan Politani sangat landai dan  panjang  kelandaian  cukup  jauh kedepan arah laut. Kemiringan garis pantai sampai ± 400 meter ke arah laut  masih sangat kecil yakni hanya sekitar 0,43%. Area kiri dan kanan jetti atau groin eksisting juga sangat landai dengan kemiringan kurang lebih sama. Pengukuran pada radius 800 meter dari garis pantai baru menunjukkan kedalaman yang cukup besar yakni sekitar 3,00 sampai 4,00 meter. Berdasarkan pertimbangan tunggang pasang surut yakni sekitar 2,03 meter dan draft kapal maksimal 1,5 meter maka dermaga harus jauh menjorok ke laut (model jetty) yakni sampai pada jarak 850 meter dari garis pantai dengan kondisi kedalaman 3,5 meter dari LWS.

Keywords


batimetri; dermaga; gelombang; pasang surut

Full Text:

PDF

References


Triatmadja R. (2007)).Pengantar Teknik Pantai.Diktat Kuliah S2 FT UGM.Yogyakarta.

Triatmodjo B. (1999). Teknik Pantai. Beta Offset. Yogyakarta.

Setyandito O dkk. ( 2007). Analisa Erosi Dan Perubahan Garis Pantai Pada Pantai Pasir Buatan Dan Sekitarnya Di Takisung, Propinsi Kalimantan Selatan.Jurnal Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Mataram,Vol 7,No.3.Mataram

Adur, SA., 2011, Evaluasi Posisi Dermaga Pelabuhan Merak Ditinjau dari Aspek Manuver Kapal dan Kondisi Lingkungan, (Tugas akhir), Universitas Indonesia, Depok.

Triatmodjo, B., 1992, Pelabuhan, Beta Offset, Yogyakarta.

Kramadibrata, S., 1985, MerancangMerancang Pelabuhan, Geneca Exact, Bandung.

CERC, 1984, Shore Protection Manual Volume I, US Army Coastal Engineering Research Center, Washington.

Nur Yuwono., 1994, Perancangan Bangunan Jetty, Laboratorium Hidraulika dan Hidrologi, PAU-IT-UGM, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.26618/th.v13i1.3922

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.