STUDI PERGERAKAN SEDIMEN AKIBAT FLUKTUASI DEBIT PADA SALURAN TERBUKA (UJI LABORATORIUM)

Fausiah Latif, Muhammad Said, Astuti Rizky Amalia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pergerakan sedimen (tegangan geser dasar ( , tegangan geser kritis ( , dan kecepatan geser kritis ( ), akibat fluktuasi debit. Dan untuk mengetahui pengaruh perubahan dasar saluran (Agradasi dan Degradasi) akibat pergerakan sedimen. Penelitian ini dilakukan dengan mengukur tinggi muka air dan kecepatan aliran pada 10 titik di saluran, pengukuran dilakukan ketika air sudah stabil, pengukuran tinggi gerusan dan pengendapan dilakukan pada waktu saluran dalam kondisi kering. Penelitian ini menghasilkan variasi debit (Q1) : 0,0026 m3/det, menghasilkan debit aliran (q) di titik 1 sebesar 0,0017 m/det, tegangan geser ( ) : 0,870 kg/m2, tegangan geser kritis ( ) : 1,277 kg/m2, dan kecepatan geser (u*) : 0,029 m/det rata-rata o < c maka butiran sedimen tersebut cenderung diam. Pada debit (Q2) : 0,0039 m3/det, menghasilkan debit aliran (q) di titik 2 sebesar 0,0054 m/det, tegangan geser ( ) : 1,299 kg/m2, tegangan geser kritis ( ) : 1,350 kg/m2, dan kecepatan geser (u*) : 0,0361 m/det menghasilkan ratarata o = c dan o > c sehingga butiran sedimen tersebut cenderung mulai bergerak, dan bergerak. Semakin besar debit pengaliran semakin besar pula pergerakan sedimen. kedalaman gerusan yang terjadi sangat dipengaruhi oleh variasi debit, semakin besar debit semakin besar pula gerusan yang terjadi. 

Kata Kunci: Saluran Terbuka, Debit flow,  Angkutan Sedimen,  


Full Text:

PDF

References


Ahmad Nasirul Umam, 2015. Tugas Ilmiah Sedimentasi (Proses Sedimentasi) Asdak,C. 2014.Hidrologi Dan Pengeloaan Daerah Aliarn Sungai. Gajah Mada University Press, Yogyakarta. Harianja dan N.A.P., 2011. Pengaruh Perubahan Debit Terhadap Pergerakan Sedimen, Jurnal Teknik Sipil Universitas Kristen Immanuel Yogyakarta. Ikhsan, Cahyono 2007. Pengaruh Variasi Debit Air Terhadap Laju Bed Load Pada Saluran Terbuka Dengan Pola Aliran Steady Flow, Jurnal Teknik Sipil Fakultas Teknik UNS Surakarta.

Iskandar dan tony, 2013. Studi Sedimentasi Di Muara Sungai Angsa Kecamatan Angsana Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan, Jurnal Pertania Universitas Achmad Yani Banjar Baru. Karim, T Nenny. Bahan Kuliah Angkutan Sedimen, Teknik Sipil Unismuh Makassar, 2010. Mardijikoen, P., 1987. Angkutan Sedimen. Diktat, Pusat Antar Universitas (PAU) Ilmu Teknik, UGM, Yogyakarta Oliviana Mokonio. Dkk, 2013. Analisis Sedimentasi di Muara Sungai Saluangko Desa Tounelet Kec. Kakas Kab. Minahasa (http://google, Rusman Yamsir. 2015. Analisis Pergerakan Sedimen Pada Saluran Dengan Beberapa Variasi Kemiringan, Tugas Akhir Teknik Sipil Universitas Hasanuddin. Soewarno, 1991. Pengukuran dan pengolahan data aliran sungai, Bandung Sosrodarsono, suyono, Dkk, 2008, perbaikan dan pengaturan sungai,paradnya paramita,Jakarta Suripin, 2002. Dalam buku Tata Ruang Air Oleh Restam Sjarief




DOI: https://doi.org/10.26618/th.v12i1.2465

Refbacks

  • There are currently no refbacks.