Open Access Open Access  Restricted Access Subscription Access

KARAKTERISTIK ALIRAN PADA BANGUNAN PELIMPAH TIPE OGEE

Muhammad Yunu Ali, Husaiman Husaiman, Muh. Ilham Nur

Abstract


Pelimpah tipe ogee merupakan suatu kenaikan dari dasar suatu saluran terbuka yang berbentuk tirai luapan bawah dari bendung ambang tajam aerasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh bangunan pelimpah tipe ogee 1:1 terhadap karakteristik aliran pada saluran terbuka dan untuk mengetahui energi spesifik yang terjadi pada pelimpah tersebut. Penelitian ini dilakukan di laboratorium  hidraulika Fakultas Teknik Univeristas Muslim Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen laboratorium. Cara pengukuran dilakukan dengan metode pengukuran secara langsung menggunakan current meter dan mistar ukur. Berdasarkan pada pengukuran dan perhitungan menggunakan tiga variasi debit, dapat disimpulkan bahwa bangunan pelimpah tipe ogee 1:1 dapat mengubah aliran superkritis menjadi aliran kritis dan subkritis pada bagian hilir. Hasil penelitian menunjukkan energi spesifik bergantung pada tinggi muka air dimana semakin tinggi muka air maka semakain rendah energi spesifik yang terjadi. Kata kunci : Karakteristik Aliran, Pelimpah Ogee, Energi Spesifik

Full Text:

PDF

References


Canonica, Lucio. 2013. Memahami Hidraulika Edisi Revisi. CV Angkasa, Bandung.

Chow, VT. 1985. Terjemahan Suyatman, Sugiharto, dan Rosalina. Hidrolika Saluran Terbuka. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Direktur Jenderal Pengairan. 1986. Kriteria Perencanaan. Direktorat Jenderal Pengairan, Jakarta.

Ernandi, Rhidho. 2012. Aliran Fluida. 17 Mei 2012. Online dari http://Ridho-Ernandi/aliranfluida.html. Diakses pada tanggal 9 Maret 2018.

Gandakoesoema. 1983. Hidrolika. Penerbit Sumur Bandung, Bandung.

Kodoatie, Robert J. 2002. Hidrolika Terapan Edisi Revisi. Penerbit Andi, Yogyakarta. Simanjuntak, Salomo. 2009. Analisa Mercu Bendung Daerah Irigasi Namurambe. Laporan Penelitian, Medan: Lembaga Penelitian Universitas HKBP Nommensen.

SNI 8137. 2015. Pengukuran Debit pada Saluran Terbuka Menggunakan Bangunan Ukur Tipe Pelimpah Atas. Badan Standar Nasional, Jakarta.

Triatmodjo, Bambang. 1993. Hidrolika II. Beta Offset, Yogyakarta.

Yudah, G, S. 2014. Analisa Kapasitas Sungai dalam Mengendalikan Banjir dengan Integrasi Antara Metode Rasiona dengan Program WIN-TR (Studi Kasus Daerah Aliran Sungai Air Bengkulu). Skrispsi, Bengkulu: Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Bengkulu.

Yuni, Cahya. S. D. 2012. Kajian Perubahan Pola Gerusan Pada Tikungan Sungai Akibat Penambahan Debit. Skripsi, Makassar: Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Hasanuddin.




DOI: https://doi.org/10.26618/th.v11i1.2441

Refbacks

  • There are currently no refbacks.