Open Access Open Access  Restricted Access Subscription Access

PENGARUH KEDALAMAN PEMECAH GELOMBANG TERAPUNG PIPA ANYAMAN ECENG GONDOK TERHADAP TINGGI GELOMBANG REFLEKSI DAN TRANSMISI

Nenny T Karim, Andi Makbul Syamsuri

Abstract


Penelitian kali ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedalaman dan pengaruh periode pada floating breakwater dengan melakukan permodelan dalam skala laboratorium dengan menggunakan bahan eceng gondok kering yang dirakit. Dalam penelitian ini yang dihitung adalah kedalaman refleksi dan kedalaman transmisi gelombang dari model fisik floating breakwater berbahan dasar eceng gondok, yang merupakan perbandingan antara tinggi gelombang datang (Hi) dengan tinggi gelombang yang direfleksikan (Hr) dan tinggi gelombang datang (Hi) dengan tinggi gelombang yang ditransmisikan (Ht), sehingga akan diketahui efektifitas dari floating breakwater dalam meredam gelombang. Model floating breakwater berbahan dasar eceng gondok di uji di wave flume menggunakan gelombang irreguler dengan tinggi gelombang 1 sampai 3 cm dan periode 1,7 detik, 1,9 detik, 2,1 detik dan dengan 3 variasi kedalaman tenggelam model yakni 15 cm, 18 cm dan 21 cm. Hasil penelitian menunjukkan padakedalaman mtenggelam model 15 cm Hr berkisar 0,1 – 0,5 CM dan Ht berkisar 2 – 2,8 cm. Pada kedalaman 18 cm Hr berkisar 0,2 – 0,45 cm dan Ht berkisar 1,8 – 2,2 cm. Pada kadalaman 21 cm Hr berkisar 0,15 – 0,45 cm dan Ht berkisar 1,6 – 2,15 cm. Dari hasil pengujian menunjukkan kedalaman tenggelam model 21 cm lebih efektip mengurangi tinggi gelombang Refleksi dan tinggi gelombang Transmisi. Kata kunci : Floating Breakwater, Gelombang Refleksi, Gelombang Transmisi.

Full Text:

PDF

References


Anas, Muh. Azwar. 2014. Studi Pemecah Gelombang Blok Beton Berpori Susunan Seri. Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Unhas.

Anugerah Nontji, 1987, Laut Nusantara , Penerbit Djambatan, Jakarta

D’Angremond K and Van Roode F.C,2004, Breakwater and Clousure DAMS. Delf University, New York ,USA

Fadlullah, Mirza.2016. Studi Refleksi Gelombang pada Breakwater Tipe Dinding Berpori. Jurusan Sipil Fakultas Teknik Unhas.

Hales,1981.FloatingBreakwater.Delf University. Belanda

Mc Cartney. 1985. Floating Breakwater.Delf University. Belanda

Martius Carl. Eichhornia Crassipes. Brazil

Suntoyo dkk.1996. Gelombang . Mahakarya. Jakarta Triatmodjo Bambang. 2010. Perencanaan Pelabuhan. Beta Offset. Yogyakarta

Triatmodjo Bambang. 2011. Perencanaan Bangunan Pantai. Beta Offset. Yogyakarta

Triatmodjo Bambang.1999. Teknik Pantai. Beta Offset. Yogyakarta.

Utomo Dkk. 1975. Pemanfaatan Eceng Gondok. Djambatan. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.26618/th.v11i1.2440

Refbacks

  • There are currently no refbacks.