Open Access Open Access  Restricted Access Subscription Access

PENGARUH LUBANG PERFORASI DINDING CAISSON TERHADAP GAYA GELOMBANG

Kasmawati Kasmawati

Abstract


Sebagai struktur pantai yang dipengaruhi oleh faktor internal struktur dan kondisi eksternal yang mengikutinya, maka model Caisson diharapkan dapat mengurangi tinggi gelombang datang pada struktur, sehingga gaya yang bekerja pada struktur juga berkurang dengan semakin besarnya nilai porositas pada struktur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lubang porositas dinding Caisson terhadap gaya  gelombang pada struktur dan untuk mengetahui hubungan parameter lubang pori dengan besaran gaya gelombang. Penelitian dilakukan dengan menggunakan model dengan variasi diameter lubang dan variasi jarak antar lubang pada setiap model yang diteliti untuk melihat pengaruhnya terhadap besarnya gaya gelombang. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya gaya gelombang dipengaruhi oleh luasnya daerah terpaan gelombang dalam hal ini luas penampang model, selain itu tinggi gelombang datang juga sangat berpengaruh terhadap besarnya gaya gelombang. Semakin luas penampang model yang diterpa gelombang maka semakin besar gaya yang bekerja pada model, dalam hal ini bahwa semakin besar nilai porositas model, maka gaya yang bekerja akan semakin kecil. Model tanpa Porositas  nilai gayanya 1,46 sedangkan model dengan porositas paling besar yaitu porositas 0,21 m2 nilai gayanya hanya 0.47. Hal ini terjadi karena semakin besar porositas maka disipasi gelombang datang akan semakin besar. Kata Kunci : Defleksi, Gaya gelombang, Porositas

Full Text:

PDF

References


Akhwady R. dkk. (2012). Pengaruh Beda Porositas Terumbu Buatan Tipe Silinder Berongga (Bottle Reef TM) Sebagai Submerged Breakwater Terhadap Kinerja Peredaman Gelombang. Jurnal Ilmu Kelautan. Juni 2012. Vol 17.

Fatnanta F. dkk. (2011). Perilaku Deformasi Pemecah Gelombang Kantong Pasir Tipe Tenggelam. Jurnal Teknik Sipil. Vol 18. No. 2. Firmansyah S. G. dkk. (2012). Stabilitas Pandasi pada Vertical Breakwater dengan Variasi Lebar dan Konfigurasi Kantong Pasir. Jurnal Teknik Pomits. Vol. 1, No. 1. Fujima K. (2006). Measurement of Wave Force Acting on Building. National Defense Academy of Japan, Japan Goda Y. (1985) Random Seas and Design of Maritime Structure. Advance Series on Ocean Engineering-Volume 15. University of Tokyo Press, Tokyo, Japan Lukkunaprasit P. (2009). Wave Force on Buildings. The International Jounal of The Tsunami Society, Science of Tsunami Hazards Mogridge G. R. & Jamienson W. W. (1976). Wave Force on Square Caissons. Coastal Engineering Chapter 133. Nurhasanah A. dkk. (2010). Gaya Gelombang Tsunami pada Bangunan Berpenghalang. PIT HATHI XXVII, Surabaya, 29-1 Agustus. Rahman S. (2008). Koefisien Seret Gaya Gelombang pada APO dengan Tambahan Gedhek. Media Teknik Sipil : 91. Triatmadja R. dkk (2009). Pengaruh Porositas Terhadap Gaya Gelombang Tsunami. Pertemuan Ilmiah Tahunan HATHI XXVI, Banjarmasin, 23-25 Oktober. Triatmodjo B. (1999) Teknik Pantai. Beta Offset, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.26618/th.v11i1.2438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.