PENGARUH SEDIMEN TERHADAP KAPASITAS SALURAN SEKUNDER PADA JARINGAN IRIGASI AWO KABUPATEN WAJO

Nenny Karim, Muhammad Syafa'at S. Kuba, Muhammad Ahlil Khairi Irwan, Nurdiansah Nurdiansah, Fithriyah Arief Wangsa

Abstract


Daerah Irigasi Awo Kecamatan Pitumpanua Kabupaten Wajo sejak lama sudah ada namun tidak pernah dilakukan pemeliharaan sehingga menimbulkan banyaknya sedimen yang mengendap pada dasar saluran yang menyebabkan terjadinya perubahan dimensi saluran dari dimensi awal saluran yang secara tidak langsung mengakibatkan kurang optimalnya kinerja saluran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui berapa besar perubahan kapasitas debit saluran dan berapa besar volume sedimen yang ada pada saluran sebagai masukan untuk melakukan pemeliharaan. Penelitian menggunakan metode kuantitatif karena data yang diolah berupa angka sebagai alat untuk menganalisis mengenai hal yang ingin dicapai. Sedimentasi pada saluran sekunder mempengaruhi kapasitas saluran dimana debit rencana pada saluran sekunder simpellu I sebesar 0,184 m3/det berubah menjadi 0,063 m3/det. Besar Sedimentasi pada saluran sekunder Simpellu I sebesar 45,611 m3 karena adanya sedimen sebesar itu maka mempengaruhi ukuran luasan penampang lintang saluran dimana luas penampang lintang saluran awal sebesar 0,50 m2 menjadi 0,21 m2. Maka dari itu perlu adanya pemeliharaan secara rutin dengan jangka waktu tertentu meliputi pengerukan dan pembersihan pada saluran.


Keywords


Irigasi Awo, Sedimentasi, Saluran sekunder

Full Text:

PDF

References


Agusli (2001), A., Prawitosari, I. T., & Munir, I. A. Perilaku Sedimen Melayang Pada Saluran Primer Jaringan Irigasi Bantimurung.

Asdak, C., 1995, Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Ayu, R. (2020). Analisis laju Sedimentasi pada saluran Irigasi kekalik gerisak Kelurahan kekalik gerisak Kota mataram.

Ayuna, W. (2016). Analisa Pengendalian Sedimen di Daerah Irigasi Perkotaan Kab. Batubara (Studi Kasus).

Hidayat & Rahmawati, (2015). Pengaruh Sedimentasi Terhadap Kapasitas Saluran Sekunder Jaringan Irigasi Sanrego

Mawardi, Erman dan Memed, Moch. 2002, Desain Hidraulik Bendung Tetap. Bandung: Alfabeta

Mulyadi, M., & Sitanggang, A. N. (2021). Analisa Sistem Jaringan Irigasi Tersier Desa Citarik Kecamatan Pelabuhan Ratu Kabupaten Sukabumi. Jurnal Kajian Teknik Sipil, 6(1), 46-60.

Suleman, A. R. (2015). Analisis LajuSedimentasi Pada SaluranIrigasi Daerah Irigasi Sanrego Kecamatan Kahu Kabupaten Bone Provinsi Sulawesi Selatan.

Usman, K. O. (2014). Analisis Sedimentasi Pada Muara Sungai Komering Kota Palembang ( Doctoral dissertation, Sriwijaya University).

UPT Awo Gilireng (2023).




DOI: https://doi.org/10.26618/th.v17i1.14363

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.