SERTIFIKASI GURU, HARAPAN DAN TANTANGAN TERHADAP GURU (PAHLAWAN TANPA TANDA JASA)

MUHAMMAD RAPI

Abstract


Hadirnya  undang-undang guru dan dosen yang dicanangkan oleh pemerintah, memberikan harapan kepada guru, namun pada kenyataannya sangat menyedihkan. Untuk mendapat perbaikan kesejahtraan bagi guru dan dosen dihadang oleh bermacam-macam persyaratan, seperti sertifikasi, yang harus didahului oleh pengumpulan berkas fortofolio, diklat, dan lain-lain yang merepotkan banyak pihak dan memakan biaya yang tidak sedikit. Semua itu adalah indikasi dari ketidak seriusan beberapa pihak untuk meningkatkan kesejahtraan guru. Kalau ingin melihat pendidikan di Indonesia maju, perhatikan kesejahtaraan guru, jangan dibebani bermacam-macam persyaratan. Cukup membuat aturan yang yang dapat memacu/memicu kerja keras bagi guru, dan aturan itu betul-betul di berlakukan, misalnya guru yang malas, guru yang tidak berkompeten, guru yang tidak bermoral di beri sangsi yang setimpal. Menyia-nyiakan guru tanpa memperhatikan kesejahtraannya adalah merupakan suatu kezaliman. Negara yang terhormat adalah negara yang menghargai pahlawannya, guru adalah pahlawan. Guru sebagai pahlawan tampa tanda jasa, jangan dijadikan kedok untuk menyenangkan guru, guru harus diberi tanda jasa, diberi tunjangan yang memadai. Hanya karena keperiadaan guru, sebuah  Negara masih bisa eksis. Dengan memperhatikan kesejahteraan guru maka banyak orang yang akan menjadi guru. Dengan minat yang besar untuk menjadi guru, maka mutu guru dapat ditingkatkan.

Keywords


Sertifikasi Guru; Harapan; Tantangan

Full Text:

PDF

References


Habib, Mustopo, M. 1989. Manusia dan Budaya,, Kumpulan Essai, Surabaya:. Usaha Nasional.

Poerbakawatja, Soegarda, 1968. Pendidikan dalam Alam Indonesia Merdeka, Djakarta: Gunung Agung

Rapi, Muhammad, dkk, 2010. Pedagogik Khusus Seni Budaya, Makassar: PLPG Rohman, Arif, 2010. Pendidikan Komparatif, Yogyakarta: Laksbang Grafika

Santrock, W, John, 2008. Psykologi Pendidikan Edisi kedua, Jakarta: Kencana Perenada Media Grup

Saudagar, Fachruddin, Idrus, Ali, 2009. Pengembangan Profesi Guru, Jakarta: Gaung Persada.

Sa’ud, Udin, Syaefuddin, 2009. Inovasi Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Sayyid Mujtaba Musawi.2003. Hidup Kreatif Mengendalikan Gejolak Jiwa;Mengubah Problema Menjadi Prestasi dan Sukses, Jakarta: Inisiasi Press

Thalib, Syamsul Bachri, 2010. Psikologi Pendidikan berbasis analisis Empiris Aplikatif, Jakarta: Prenada Media Grup

Tilaar, H.A.R. 2010. Perkembangan Ilmu Pendidikan Menghadapi Tantangan Perubahan Global Abad 21, Jakarta: UNJ

Sukmono. 1991. Pengantar Sejarah Kebudayaan Indonesia. Jakarta: Kanisius.

Supadi, NR, Dkk. 1987. Seni Rupa 1 Untuk Kelas 1 SMP. Klaten: Intan Pariwisata.




DOI: https://doi.org/10.26618/jh.v2i1.11742

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diterbitkan:
 
Program Studi Pendidikan Seni Rupa
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: harmoni@fkip.unismuhmakassar.ac.id   

ISSN Print    : 2087-9865
ISSN Online : 3026-5002


Cited By: CrossRef
DOI: 10.26618


Creative Commons License