IDENTIFIKASI LOKASI SEBARAN TANAMAN LONTAR (BORASSUS FLABELIFER) DI KECAMATAN BANGKALA KABUPATEN JENEPONTO

Suyansyah Ahmad

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sebaran Tanaman Lontar (Borassus flabellifer) di Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto.
Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto dalam waktu kurang lebih 2 (dua) bulan, mulai dari bulan September – November 2017.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dengan cara pengamatan langsung pada lokasi penelitian yaitu di Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto dan pengambilan titik koordinat, wawancara dengan instansi terkait untuk mendapatkan informasi lokasi Tanaman Tala (Borassus flabellifer), serta studi literatur dengan membaca buku referensi atau dokumentasi yang berhubungan dengan penelitian tentang Tanaman Lontar (Borassus flabellifer). Dari data yang telah terkumpul kemudian dilakukan pengolahan data di ArcGis dengan menggunakan Analisis Spasial dan Analisis Deskriptif Kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tanaman Lontar (Borassus flabellifer) di Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto dijumpai di Desa/Kelurahan Punagayya, Mallasoro, Bontomarannu, Jenetallasa, Bontomanai, dan Kalimporo pada jenis tanah Mediteran Cokelat Tua, Gromusol kelabu, dan Mediteran cokelat kemerahan, curah hujan 1890 mm/Tahun dan menurut Schmidt-Ferguson termasuk dalam iklim tipe D, ketinggian 0-300 mdpl yang berarti masuk dalam kategori dataran rendah sampai perbukitan dan kemiringan lereng 0-8% yang berarti termasuk dataran rendah.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.