KONTRIBUSI GETAH PINUS TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA MASYARAKAT SEKITAR PT. INHUTANI I TANA TORAJA

Hikmah ,, Hasanuddin Molo, Muhfida ,

Abstract


Getah pinus adalah semacam oleoresin yaitu campuran senyawa kompleks resin dan terpentin cairan kental dan lengket, benim atau buram. Oleoresin ini larut dalam alcohol, benzene, eter dan banyak pelarut lainnya, tetapi tidak larut dalam air (Sumadiwangse et al 1999).

Getah pinus terdapat pada saluran resin (interseluler). Pada kayu daun jarum terdapat dua macam saluran resin, yaitu saluran resim normal dan saluran resin traumatis yang terbentuk akibat pelukaan dalam kayu. Getah pinus terdapat pada saluran resin atau cela-cela antar sel. Saluran tersebut sering disebut saluran interseluler. Saluran ini terbentuk baik kearah memanjang batang diantara sel-sel trakeida maupun ke arah melintang dalam jaringan jari-jari kayu.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatuhui berapa besar kontribusi total pendapatan yang diperoleh petani dari kegiatan penyadapan getah pinus terhadap total pendapatan rumah tangga petani PT. Inhutani I Tana Toraja.

Penelitian ini dilaksanakan selama dua bulan mulai dari bulan Agustus sampai bulan Oktober 2017. Lokasi penelitian adalah di PT. Inhutani I Tana Toraja.

Hasil penelitian menujukan pendapatan rata – rata responden Rp. 30.708.207,- per tahun dan memberikan kontribusi sebesar Rp. 83.28% terhadap total pendapatan responden.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.