KONTRIBUSI BAHAN BAKU KAYU RAKYAT TERHADAP TOTAL KEBUTUHAN BAHAN BAKU PADA PT.PANCA USAHA PALOPO PLYWOOD KECAMATAN BUA KABUPATEN LUWU

Hikmah Basalamah, Muhammad Tahnur, Oki Susanti

Abstract


ABSTRAK

Kebutuhan manusia akan kayu terus meningkat, walaupun produksi hutan alam maupun hutan rakyat untuk menghasilkan kayu terus berkurang dari tahun ke tahun. Berbagai kegunaannya dalam kehidupan manusia, membuat fungsi kayu semakin berkembang dan beragam sesuai sifat alami kayu itu sendiri. Hutan alam sebelumnya di gunakan dalam bahan baku industri pembuatan plywood tetapi setelah adanya Moratorium atau penundaan izin tentang penundaan kayu alam. Moratorium ini berada dalam ruang lingkup Penundaan izin baru yang meliputi penundaan pemberian izin baru hutan alam primer dan lahan gambut yang berada di hutan konservasi, hutan lindung, hutan produksi (hutan produksi terbatas, hutan produksi biasa/tetap, hutan produksi yang dapat dikonversi) dan area penggunaan lain sebagaimana tercantum dalam Peta Indikatif Penundaan Izin Baru yang menjadi Lampiran Instruksi Presiden. Adanya Moratorium tersebut maka perusahaan–perusahaan industri kayu mulai beralih atau sebagian dari pasokan bahan baku indsutri pabrik menggunakan kayu dari hutan rakyat .

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi bahan baku kayu rakyat terhadap total kebutuhan bahan baku pada PT.Panca Usaha Palopo Plywood Kecamatan Bua Kabupaten Luwu.Penelitian ini mengambilsampel pada industry kayu pada PT. Panca Usaha Palopo Plywood Kecamatan Bua Kabupaten Luwu yaitu data berupa bahan baku kayu dan asal usul bahan baku.

Hasil penelitian menunjukkanjenis bahan baku pada PT.Panply dari kayu rakyat yaitu jabon, dadap, kemiri, sengon dan sukun. Sedangkan dari kayu alam yaitu kelompok Meranti, kelompok Rimba campuran, keruing, benuang, nyatoh. Dari jenis bahan baku tersebut jumlah kontribusi kayu rakyat pada kebutuhan bahan baku di PT.Panca Usaha Palopo Plywood, yaitu sebesar 0,0249 m3atau 2,49%.

 

Kata Kunci : Kayu, Hutan, Bahan baku

Refbacks

  • There are currently no refbacks.