EVALUASI PENANAMAN KEBUN BIBIT RAKYAT (KBR) DI KECAMATAN BAJENG BARAT DAN KECAMATAN BAJENG KABUPATEN GOWA SULAWESI SELATAN

Irma Sribianti, Hasanuddin Molo, Mustafa Mustafa

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat keberhasilan penanaman pada kelompok pengelola Kebun Bibit Rakyat di Kabupaten Gowa berdasarkan indikator keberhasilan penanaman oleh kelompok tani. Populasi dalam Penelitian yaitu 3 kelompok tani pengelola Kebun Bibit Rakyat (KBR) yang terdapat di Desa Tanabangka, Kecamatan Bajeng Barat dan Desa Pabbentengan, Kecamatan Bajeng dan juga Desa Pannyangkalang, Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa dan dijadikan sampel berjumlah 23 orang yang diambil secara sensus. Data dalam penelitian terdiri dari data primer meliputi data jumlah bibit penanaman awal dan jumlah bibit pada saat pengambilan data, dan data sekunder meliputi data populasi daerah, keaadaan wilayah. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif Kuantitaf.

Hasil penelitian menunjukkan tingkat keberhasilan penanaman Kebun Bibit Rakyat (KBR) yang dilakukan oleh responden mencapai 92.88 % (14.784) persen tumbuh dari total penanaman awal 15.917 bibit, dengan luas lahan 17.2 Ha.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.