PENGARUH KOMPETENSI, KEPEMIMPINAN, DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU NON PNS SEKOLAH DASAR DI KOTA MAKASSAR

Andi Jaman

Abstract


Abstract

                    The purpose of this study was to determine and explain the influence of competence, leadership, and school climate on teacher performance.

                    The population in this study were 842 non civil servant elementary school teachers at Makassar City. A sample of 89 respondents based on the Slovin formula with a confidence level of 10%. Data were analyzed using SPPS 18 with multiple linear regression analysis method.

                    The results of the study found that competence has a significant positive effect on teacher performance with a coefficient value of 0.371. This shows that the better the competence will increase the performance of elementary school teachers at Makassar City. Leadership has a significant influence on teacher performance of 0.177. This shows that the better a person is in carrying out his role, the better the teacher's performance will be. School climate has a significant positive effect on teacher performance with a coefficient value of 0.121. This shows that the better the school climate, the better the teacher's performance. The performance of teachers towards education the better the quantity, quality, efficiency and effectiveness of teacher work, the better the quality of education produced.

 

Keywords: Competence, Leadership, and School Climate

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui  dan menjelaskan pengaruh kompetensi, kepemimpinan, dan iklim sekolah terhadap kinerja guru.

                Populasi pada penelitian ini adalah guru non PNS Sekolah Dasar di Kota Makassar berjumlah 842 orang. Sampel sebanyak 89 orang responden berdasarkan rumus Slovin dengan tingkat kepercayaan 10%. Data dianalisis menggunakan SPPS 18 dengan metode analisis regresi linear berganda.

                Hasil penelitian menemukan bahwa kompetensi mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai koefisien sebesar 0,371. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik kompetensi maka kinerja guru di SD Sekota Makassar akan semakin baik. Kepemimpinan mempunyai pengaruh signifikan terhadap kinerja guru sebesar 0,177. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik seorang dalam menjalankan perannya maka kinerja guru akan semakin baik. Iklim sekolah mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai koefisien sebesar 0,121. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik iklim sekolah maka kinerja guru akan semakin baik. Kinerja guru terhadap pendidikan yang semakin baik kuantitas, kualitas, efisiensi dan efektivitas kerja guru, semakin baik kualitas pendidikan yang dihasilkan.

 

Kata Kunci : Kompetensi, Kepemimpinan, dan Iklim Sekolah


Full Text:

PDF

References


Adam, Indrawijaya. 1999. Perilaku Organisasi. Bandung: Sinar Baru.

Adiputra, I Made Suistana. 2006. Hubungan antara Intelegensi, Kecerdasan Emosi, dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Kreativitas Guru Sekolah Dasar di Kota Tabanan. Tesis. (tidak diterbitkan) IKIP Singaraja. Program Studi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana.

Davis Keith, 2000. Human Behaviour at Work Organizational Behaviour Six th Education). Newyork Mc. Grew-bil Graw-Hil, inc.

Depdiknas, 2004. Standar Kompetensi Guru Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Depdiknas

Dirjen Dikti. 1983. Dictionary of Education. Jakarta: Depdiknas

Hadisusanto (2001). Profit Pendidikan Profesional. Yogyakarta. Andi offset.

Filly, Hardian, 2004. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SLTP dan SMU di Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Banyu Asin. Tesis MM UNSIRI

Gibson, Ivancevich, dan Donnely (2003) Organisasi dan Manajemen: Perilaku Struktur. Jakarta: Terjemahan Edisi Keempat. Erlangga.

Hadisusanto (2001). Profit Pendidikan Profesional. Yogyakarta Andi offset

Hall,John, et.al. 2002. Transformational Leadership: The Transformation of Managers and Associates

Hamalik, Oemar. 2009. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta : Bumi Aksara

Handoko, T. Hani, 2000. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta. Badan Penerbit Fakultas Ekonomi (BPFE)

Herrsey, Paul dan Blanchard, K. H. (1998). Management of Organization Behavior, New

Hoy, Wayne K. & Miskel, Cecil G. (2001). Education Administration: Theory, Research, and Practice (6th ed., international edition). Singapure: Mc Graw-Hill Co.

Idawati (2004 ) Pengaruh Kompensasi dan Motivasi terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri 1 Bontomarannu, Gowa. Jurnal Kependidikan, July 2014, volume 13 No 1

Ilyas, Y., 1999, “Kinerja”, Cetakan pertama, Penerbit: Badan Penerbit FKM UI, Depok.

Jayanata, Aditya Putra, 2011. Pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan Dinas Perindustrian dan ESDM Kabupaten Jember. Tesis UNIBRA

Joni, T.Raka (1980) Teori dan Psikologis Belajar. Buletin Pendidikan Guru

Kamaruddin, 2010. Pengaruh dan Kontribusi Motivasi terhadap Kinerja Mengajar Guru pada Sekolah Dasar Negeri di Kota Makassar. Thesis, UNM.

Kartono. 2005. Pemimpin dan Kepemimpinan, Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Kusnandar. 2011. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Kwelju Junus, 2009. Analisis Kompetensi dan Iklim Sekolah dalam Mempengaruhi Peningkatan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah pada Sekolah Negeri se-Kota Ambon. Disertasi. Program Pascasarjana Universitas Sorong.

Lukman, Hakim (2010). Pengaruh Kompetensi, Iklim Kerja dan Motivasi terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri 1 Bontomarannu. Thesis, Universitas Muhammadiyah Makassar.

Mulyasa, E. 2004. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2007. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan menyenangkan. Bandung : Rosdakarya

Putra, Made. 2008. Kontribusi Gaya Kepemimpinan Transformasional, Supervisi Kepala Sekolah dan Iklim Kerja Sekolah terhadap Kinerja Guru SD Gugus IV Kecamatan Mengwi. Tesis (tidak diterbitkan) Universitas Pendidikan Undiksha Negeri Singaraja, Program Studi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana.

Robbins & Judge, 2008. Perilaku Organisasi : Organizational Behavior. Jakarta. Salemba Empat

Samana, A (1994). Profesional Keguruan. Yogyakarta : kanisius

Sanusi. Ahmad. (1991). Beberapa Dimensi Mutu Pendidikan. Bandung: FPS IKIP

Sartika, Ikke Dewi (1999). “Mutu Total STPDN: Kontribusi Budaya Organisasi yang Berorientasi Manajemen Mutu Total, Kepuasan Kerja dan Tahapan Mutu terhadap Kinerja Pengelola Dosen Tetap STPDN. “ Disertasi, FPS IKIP Bandumg, tidak iterbitkan.

Sevilla, Consuelo, G., et al. (1960). “ Pengantar Metode Penelitian “. Terjemahan Allimuddin Tuwu, 1993.

Siagian, Sondang, P. 2002. Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja. Jakarta. Rineke Cipta

Siagian. Sondang, P. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta. Bumi Aksara.

Singarimbun, Masri.1995. Metode Penelitian Survey. Jakarta. LP3S

Stringer, Robert. (1984). Efektivitas Organisasi. Jakarta. LP3S

Sucipta, K. Adhi. 2011. Kontribusi Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah, Iklim Kerja Sekolah dan Motivasi Berprestasi Guru Terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri 1 Kuta Utara. Tesis

Suwatno & Priansa, D. 2011. Manajemen SDM dalam Organisasi Publik dan Bisnis. Bandung. Alfabeta.

Tabrani Rusyan (1992), Guru Profesional. Jakarta. PT Pustakajaya.

Umar, Husein. 2003. Metode Riset Perilaku Organisasi. Jakarta. Gramedia

Wakiran, Y, S. Diana, Sudibyanto, dan Suryawan.2004. Pengkajian Sistem Penggajian Pegawai Tidak Tetap. Jakarta: Puslitbang Badan Kepegawaian Negara.




DOI: https://doi.org/10.26618/jmbc.v7i1.4492

DOI (PDF): https://doi.org/10.26618/competitiveness.v7i1.4492.g3184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.