IMPLEMENTASI PROGRAM SOSIAL BANK INDONESIA KANTOR PERWAKILAN WILAYAH SULAWESI SELATAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT SULAWESI SELATAN (STUDI KASUS PENGEMBANGAN DESA WISATA BINAAN RAMMANG- RAMMANG KABUPATEN MAROS)

Marsyad Alganawi Salam, Andi Ifayani Haanurat

Abstract


Abstract This research aims to know the Implementation of Social Program of Bank Indonesia representative office of South Sulawesi region in order to improve the welfare of the people of South Sulawesi Case Study development of Rammang-Rammang Tourism Village Maros regency. The type of research used in this study used qualitative deskriftif research, with the research subjects were two employees of Bank Indonesia KPW South Sulawesi, one Volunter driver of rammang-rammang tourism village, one head of tourism awareness group, four people of Rammang-Rammang village community, two boat owners, one Salenrang village head, with data analysis techniques used is data reduction, data presentation, and decision making. The results showed that after the assistance of Bank Indonesia's social programs, the representative office of South Sulawesi, the welfare condition of the community has improved, especially in terms of public income, tourism infrastructure, community assistance regarding the development of rammangrammang tourism village in Maros regency.
 
Keywords: Prosperity, Community Income, Corporate Social Responsibility.
 
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk megetahui Implementasi Program Sosial Bank Indonesia kantor perwakilan wilayah Sulawesi Selatan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sulawesi Selatan Studi Kasus Pengembangan Desa Wisata Binaan Rammang-Rammang kabupaten Maros. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian deskriftif kualitatif, dengan subyek penelitian adalah dua orang pegawai Bank Indonesia KPW Sulawesi Selatan, satu orang Volunter penggerak desa wisata Rammang-Rammang, satu orang ketua kelompok sadar wisata, empat orang masyarakat desa Rammang-Rammang, dua orang pemilik perahu, satu orang kepala desa Salenrang, dengan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan pengambilan keputusan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah adanya bantuan program sosial Bank Indonesia kantor perwakilan Sulawesi Selatan maka kondisi kesejahteraan masyarakat mengalami peningkatan terutama dalam hal pendapatan masyarakat, infrastruktur daerah wisata, pendampingan masyarakat mengenai pengembangan desa wisata Rammang-Rammang kabupaten Maros.
 
Kata Kunci: Kesejahteraan, Pendapatan Masyarakat, Corporate Social Responsibility.

Full Text:

PDF

References


Feldman, M. Allan. (2000). Ekonomi Kesejahteraan. Universitas Atma Jaya: Yogyakarta 2. Hasanah Mauizatul. (2017). Pengelolaan Parawisata Alam Berbasis Masyarakat (Kasus Objek Wisata Alam Rammang-Rammang Desa Salenrang Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros Provinsi Sulawesi Selatan. Skripsi tidak diterbitkan.MakassarFakultas Ilmu sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin Makassar. 3. Indriantoro Nur. (2002). Metodelogi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. Cetakan 2. BPFE Yogyakarta: Yogyakarta 4. Ilmu ekonomi ID, (2016). Pengertian CSR (Corprorate Social Responbility) http://www.ilmuekonomi-id.com/2016/10/pengertian-csr-manfaat-fungsi-contoh-csr-perusahaan.html diakses pada tanggal 28 desember 2017 pukul 08.30 5. Isnawati, Dian & Suhariadi Rendi. (2013). Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Penyesuaian Diri Masa Persiapan Pensiun pada Karyawan PT Pupuk Kaltim.Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi. Vol. 1, Februari 2013,Hal. 1-6.Departemen Psikologi Industri dan Organisasi Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. 6. Jonathan, Sarwono. (2006). Metode penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Graha Ilmu: Yogyakarta 7. Lageranna, A. (2013). Pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate social responsibility) pada perusahaan rokok (studi pada PT.Djarum Kudus, Jawa Tengah. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: Hukum Universitas Hasanuddin. 8. Mutmainnah sitti, (2017). Rancang bangun sistem virtual tour wisata alam RammangRammang di desa Salenrang kabupaten Maros menggunakan pendekatan panorama 360 web. Skripsi tidak diterbitkan.Makassar.Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. 9. Peraturan Dewan Gubernur Bank Indonesia No. 20 Tahun 2018 tentang Program Sosial Bank Indonesia. 2018. Jakarta. Dewan Gubernur Bank Indonesia 10. Putra, E. P. (2016). Dampak program bantuan sosial terhadap pertumbuhan ekonomi dan kemiskinan kabupaten tertinggal di Indonesia. Tesis tidak diterbitkan. Bogor : Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor

Putri, F.P. (2012). Impelementasi Corporate Social Responsibility dalam mempertahankan citra” dengan studi kasus pada PT. Angkasa pura 1 Yogyakarta. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga 12. Ramayanti, T.B. (2016). Studi Komparasi Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Sebelum dan Sesudah Menjadi Desa Wisata, Studi kasus Desa Banjarsasri kecamatan Kalibawang. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. 13. R.Terry, George, (2006). Prinsip-Prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi aksara 14. Sugiono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung 15. Suharto Edi, (2009). Pekerja Sosial Di Industri Memperkuat CSR (Corporate Social Responsibility). Alfabeta: Bandung 16. Sumarnugroho, T. (1987). Sistem Intervensi Kesejahteraan Sosial. PT. Hanindita Graha Widya: Yogyakarta 17. Suryawati. (2004). Teori Ekonomi Mikro. Jarnasy: Yogyakarta 18. Teguh, (2017). Pengertian Implementasi Menurut Parah Ahli, KBBI, Beserta contohnya https://www.satujam.com/pengertian-implementasi/ diakses pada tanggal 27 desember 2017 pukul 22.03 19. Undang-Undang Republik Indonesia tahun No. 25 Tahun 2007 tentang penanaman modal. 2007. Jakarta 20. Undang-Undang Republik Indonesia tahun No. 40 Tahun 2007 tentang perseroan terbatas. 2007. Jakarta 21. Yusuf Wibisono. (2007). Membedah Konsep & Aplikasi CSR (Corporate Social Responsibility). PT. Gramedia: Jakarta




DOI: https://doi.org/10.26618/jmbc.v7i1.4435

DOI (PDF): https://doi.org/10.26618/competitiveness.v7i1.4435.g3183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.