STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN WISATA DI KOTA MAKASSAR
Abstract
Keywords: Strategy, Marketing, Visits, Tourists, Makassar.
ABSTRAK Makassar kaya akan objek wisata, mulai dari wisata sejarah, bahari, hingga kuliner. Untuk meningkatkan daya tarik objek wisata itu, Pemerintah Kota Makassar terus berbenah. Kota Makassar memiliki beragam daya tarik wisata yang begitu indah dan menyenangkan untuk dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai daerah dan negara asing. Pertama, program pengembangan destinasi. Kedua, pogram pengembangan pemasaran pariwisata,yaitu pelaksanaan promosi destinasi atau memperkenalkan kepariwisataan Kota Makassar untuk layak dikunjungi dengan memberikan informasi mengenai destinasi yang ada di Kota Makassar dan fasilitas pendukung lainnya yang dikemas dengan baik dan pelaksanaan event tahunan tetap yang terjadual serta event-event pendukung lainnya yang berkualitas sehingga dapat meningkatkan daya tarik wisatawan nusantara maupun lokal serta mancanagera, seperti Festival Losari, Makassar expo, Makassar culinary, dragon boat festival, festival permainan rakyat, festival music jazz Fort Rotterdam, Makassar marathon, pentas seni anging mammiri, festival writers internasional, international seascreen dan masih banyak lagi event yang dilaksanakan pemerintah maupun pihak lain dalam berbagai macam bentuk kegiatan dalam bidang seni pertunjukan, olah raga, pendidikan maupun kesehatan dan hal lain yang setiap tahunnya dilaksanakan di Kota Makassar.
Kata Kunci : Strategi, Pemasaran, Kunjungan, Wisatawan, Makassar.
Full Text:
PDFReferences
Aaker, David. (2001). Strategic Market Management. John Wiley & Sons, Inc, NewYork 2. Alma, Buchari. (2018). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta. Bandung. 3. Anderson, I. and Gaile Sarkane. (2010). Social Responsible Marketingfor sustainable Development. Human Resource: The Main factor of regional development.
Belz, F. and Peattie, K. (2009). Sustainable Marketing : A Global Perspective.. West Sussex, UK : Wiley. 5. Cathy H. C. Killon, L, Brown, G. Gross & Huang. (2012). Tourism Marketing : an Asia –Pacific perspective. Journal of Tourism Marketing. 16.2 (12). 6. Cravens, David. (1997). Strategic Marketing. The Mc. Graw Hill Coy. IncChicago. 7. Firth, Tracey. (2004). Best Marketing for Sustainable tourism. Business enterprise for sustainable travel education network. Teaching Module. Publisher : University of Western Sydney . 8. Hasan, Ali. (2013). Marketing dan kasus-kasus pilihan. Yogyakarta : Centere of academic public services. 9. ……………. (2015). Tourism Marketing. Yogyakarta : Centere of academic public services. 10. Hsu, Chaty, H, Killion, L, Brown, G, Gross & Huang. (2008). Tourism Marketing : An Asia Pacific perspective. Australia : Milton, Qld, John Wiley and Sons. 11. Ike, Janita. (2011). Implementasi dan Implikasi kelembagaan pemasaran pariwisata yang bertanggungjawab. Jakarta : Kementrian Kebudayaan Dan Pariwisata Republik Indonesia. 12. Jaquelyn, Ottman. (2012). The New Rules of Green Marketing : Strategies, Tools and Inspiration for Sustainable Branding. USA : Bretter- Koehler Publisher. 13. Kemenbudpar, (2009). Sosialisasi panduan pemasaran pariwisata yang bertanggungjawab. Jakarta : Departemen BudPar. 14. Kotler, P. Bowen, Makens, J. (2010). Marketing For Hospitalityand Tourism. New Jersey. ; Pearson Edudcation. 15. Malcom, Wright & Don, Esslemont. (2011). The Logical Limitations of Target Marketing. Marketing Bulletin. 16. Martin. 1989. Dalam Ike Janita Dewi, (2011). Implementasi dan Implikasi Kelembagaan pemasaran pariwisata yang bertanggungjawab. Jakarta : kementrian kebudayaan dan pariwisata republik Indonesia. 17. Nel LHM. (2011). Segmenting and Targeting Market. Analyzing Market Oportunities. 18. Susan.M.tinnish dan Sapna Mehta, Tangal. (2012). Sustainable event marketing in the MICE Industry : A Theoritical Framework. Research Track.
DOI: https://doi.org/10.26618/jmbc.v7i2.4434
DOI (PDF): https://doi.org/10.26618/competitiveness.v7i2.4434.g3760
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.