PENGARUH KOMPETENSI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI PROVINSI SULAWESI SELATAN

Umi Kalsum Hehanussa, Ruliaty Ruliaty

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kompetensi dan motivasi terhadap kinerja pegawai Dinas  Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulawesi Selatan serta mengetahui dan menganalisis variabel yang dominan berpengaruh terhadap kinerja pegawai Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulawesi Selatan. Penelitian telah dilaksanakan di Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmiggrasi Provinsi Sulawesi Selatan dengan waktu pelaksanaan selama 1 bulan yaitu mulai bulan Januari sampai Februari Tahun 2018 dengan sampel berjumlah 71 orang. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, melalui pengujian regresi dengan melakukan uji validitas dan reliabilitas dari item-item pertanyaan setiap variabel serta uji asumsi.Hasil penelitian menunjukan bahwa Kompetensi  mempunyai pengaruh signifikan terhadap kinerjadengan P = 0.021< 0.05  dengan nilai koefisiesebesar 0,179, koefisien ini menunjukkan bahwa semakin baik kompetensi yang dimiliki pegawai maka kinerja pegawai pada kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulawesi Selatan akan semakin meningkat; Motivasi mempunyai pengaruh signifikan terhadap kinerja dengan P = 0.000< 0.05  dengan nilai koefisien sebesar sebesar 0,509, koefisien ini menunjukkan bahwa semakin baik motivasi kerja pegawai maka kinerja akan semakin baik pula dan variabel yang berpengaruh dominan terhadap kinerja adalah motivasi, hal ini terlihat dari nilai beta sebesar 0,406 lebih besar dibandingkan dengan variabel lainnya.


References


Andriani, Durri dkk. 2012. MetodePenelitian, Edisi Kesatu.Tangerang Selatan; Universitas Terbuka.

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta; Rineka Cipta.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Edisi Ketujuh. Semarang; Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Linawati dan Suhaji. 2012. Pengaruh Motivasi, Kompetensi, Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada PT Herculon Carpet Semarang).

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Moeheriono. 2012. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta; Raja Grafindo Persada.

Muhammad, Rusydi dan Naidah. 2017. The Influence of Leadership and Empowerment on Competency of Private Lecturers Kopertis Ix Sulawesi, Jurnal Vol 19, Issue. 9.

Murgianto. 2016. The Effects of Commitment, Competence, Work Satisfaction on Motivation, and Performance of Employees at Integrated Service Office of East Java, JurnalVol. 3, Issue. 378-396.

Santoso, Singgih. 2003. Mengatasi Berbagai Masalah Statistika dengan SPSS versi 11.5. Jakarta; PT. Elex Media Komputindo.

Sugiyono. 2010. Statistika untuk penelitian. Bandung; Alfabeta.

Suhartini, Eka. 2013. Motivasi, Kepuasan Kerja dan Kinerja. Makassar; Alauddin University Press.

Sutrisno, Edy. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Ed.1. Jakarta; Kencana Prenada Media Group.

Wibowo. 2011. Manajemen Kinerja. Jakarta; PT. Raja Grafindo Persada

Yarnest. 2004. Panduan Aplikasi dengan Bantuan SPSS versi 11,0. Malang; Penerbit Percetakan Diamon.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.