PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS KOPERASI DAN USAHA KECIL MENENGAH (UKM) KABUPATEN GOWA PROVINSI SULAWESI SELATAN

Sitti Aminah, Edi Jusriadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh motivasi berprestasi dan Kompetensi  terhadap kinerja pegawai Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan serta mengetahui dan menganalisis variabel yang dominan berpengaruh terhadap kinerja pegawai. Penelitian telah dilaksanakan di Kantor Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Gowa dengan waktu pelaksanaan selama 1 bulan yaitu mulai bulan April sampai Mei Tahun 2018 dengan sampel berjumlah 30 orang. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, melalui pengujian regresi dengan melakukan uji validitas dan reliabilitas dari item-item pernyataan setiap variabel serta uji asumsi.

Hasil penelitian menunjukan bahwaMotivasi berprestasi mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap kinerja dengan P = 0.000< 0.05  dengan nilai koefisiesebesar 0,298, koefisien ini menunjukkan bahwa semakin baik Motivasi berprestasi yang dimiliki pegawai maka kinerja pegawai pada kantorDinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah(UKM) Kabupaten Gowa Povinsi Sulawes Selatan akan semakin meningkat. Kompetensimempunyai pengaruh positif signifikan terhadap kinerja dengan P = 0.000>0.05 dengan nilai koefisien sebesar 0,253, koefisien ini menunjukkan bahwa model kompetensi yang diterapkan pada kantorDinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan dapat meningkatkan kinerja pegawai dan variabel yang berpengaruh dominan terhadap kinerja Pegawai adalah motivasi berprestasi hal ini terlihat dari nilai beta sebesar 0,493 lebih besar dibandingkan dengan variabel lainnya

References


Andriani, Durri dkk. 2012. Metode Penelitian, Edisi Kesatu.Tangerang selatan; Universitas Terbuka

Arikunto,Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek.Jakarta : Rineka Cipta

Danim, Sudarwan. 2004. Motivasi, Kepemimpinan dan Efektifitas Kelompok. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis multivariate dengan program SPSS. Edisi ketiga. Semarang : Badan penerbit universitas Diponegoro.

Gibson, James L, et. Al. 2010. Organisasi, perilaku, Struktur dan proses. Jakarta: bumiputra Aksara

Haeranah, Alwany. 2017. Pengaruh Kemampuan Kerja, Motivasi, Budaya Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Dan prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil, (Studi pada pegawai Negeri Sipil di Sulawesi Selatan).

Hamidi Dan Indarstuti, 2013. Pengaruh Kompetensi, Latar belakang Pendidikan Terhadap Kinerja Dosen Dosen Politeknik Bengkalis dari Perspektif Pimpinan, (Studi pada Desen Politeknik Bengkalis).

Linawati dan Suhaji. 2012. Pengaruh Motivasi, Kompetensi, Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada PT Herculon Carpet Semarang).

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Mc.Clelland, David. 1961. The Achieving Society. New Jersey: Van Nonstrand Company, Inc.

Muhammad, Rusidy dan Naidah, 2017. Pengaruh Kepemimpinan dan Pemberdayaan Terhadap Kompetensi Dasar Swasta Kopertis IX Sulawesi, (Studi pada Dosen Swasta Kopertis IX Sulawesi ).

Nawawi, H. 2015. Administrasi Pendidikan Indonesia. Jakarta: Toko Gunung agung.

Safari, 2004. Penilaian Berbasis Kompetensi. Jakarta : Pusat Penilaian

Sianipar, SP. 2011 Perencanaan Peningkatan Kinerja (Bahan Diklat Spoma). Jakarta: LAN

Sugiyono. 2010. Statistika untuk penelitian. Bandung; Alfabeta

Sutrisno, Edy. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.