Pengaruh Kompetensi, Disiplin Kerja, dan Lingkungan Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Wajo Kota Makassar

Sitti Nurbaya, Agussalim HR

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Kompetensi, Disiplin Kerja, dan Lingkungan Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Wajo Kota Makassar.

Penelitian telah dilaksanakan di Sekolah Dasar di Kecamatan Wajo Kota Makassar selama dua bulan, yaitu dari bulan April hingga bulan Mei 2016 dengan populasi berjumlah 168 orang dan sampel sebanyak 118 orang yang diambil dari sekolah yang tersebar di 13 sekolah yang merupakan objek penelitian. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, dengan pengujian regresi berganda, dengan melakukan uji validitas dan reliabilitas dari item-item pertanyaan setiap variabel serta uji asumsi klasik sebelum mendapatkan model penelitian yang terbaik.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa koefisien pengaruh kompetensi terhadap kinerja guru sebesar 0,212 dengan nilai p = 0,026 < 0,05. Ini menunjukkan bahwa kompetensi mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap kinerja guru, koefisien pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja guru sebesar 0, 269 dengan nilai p = 0,000 < 0,05. Ini menunjukkan bahwa disiplin kerja di sekolah berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja guru, Koefisien pengaruh lingkungan sekolah terhadap kinerja sebesar 0,737 dengan nilai p = 0,002 < 0,05. Ini menunjukkan bahwa lingkungan sekolah pengaruh positif signifikan terhadap kinerja guru, dan Nilai beta yang paling tinggi adalah variabel lingkungan sekolah dengan nilai beta = 0,882, sehingga disimpulkan bahwa variabel yang dominan berpengaruh terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Kecamatan Wajo adalah variabel lingkungan sekolah.

Kata Kunci : Kompetensi, Disiplin Kerja, Lingkungan Sekolah, dan Kinerja Guru


Full Text:

PDF

References


Alimin, Zaenal. 2004. Orientasi Pendidikan Kebutuhan Khusus: http//www.ultraguest.com/view/1206334701.

Cross. S.C. 2005. Pay Satisfaction and Outcome Organization. Psychologi Journal. Vol. 58; pp. 613-640.

Davis, Keith and Newstrom. 2000. Perilaku dalam Organisasi: Edisi Ketujuh, PT. Erlangga; Jakarta.

Depdiknas. 2005. Menuju Pembangunan Pendidikan Nasional Jangka Panjang. Balitbang: Jakarta.

Hasibuan, Malayu S.P. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi. Bumi Aksara, Jakarta.

Mangkunegara. AP. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia, Perusahaan Cetakan Pertama, Penerbit PT Remaja Rosdakarya: Bandung.

Munandar, SCU. 1992. Mengembangkan Bakat dan Kreatifitas Anak Sekolah. Petunjuk bagi Para Orang Tua dan Guru; PT.Gramedia Pustaka Utama; Jakarta.

Nakpodia, E.D. 2011. Educational Administration. A New Approach. Warri : Jokonase Nig.Co. Nigeria

Nugroho, Agung. 2005. Strategy Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS; Penerbit Andi; Yogyakarta.

Pattanayak, B., 2002, Human Resources Management, Published by Asoke K. Ghosh, Prentice-hall of India, New Delhi.

Pomanto, Ramdhan M. 2015. Aktual.Co. Tribun Timur Online; Makassar.

Rivai, Veithzal. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Cetakan Pertama. PT. Raja Grafindo. Jakarta.

Santoso, Singgih. 2002. Riset Pemasaran, Konsep dan Aplikasi dengan Program SPSS; PT. Alexmedia Kompetindo; Jakarta.

Singarimbun, Masri. 1995. Metode Penelitian Survey. Cetakan Keempat, LP3ES, Jakarta.

Sinungan, Muchdarsyah. 2005. Produktivitas. Bumi Aksara; Jakarta.

Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Belajar. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Terry, George, 2005, Dasar-Dasar Manajemen, PT. Bumi Aksara: Jakarta.

Werther, W.B., and Davis. K. 2003. Human Resources and Personal Management.Mc.Graw Hill In; New York.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.