Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Kerja, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SMKN 7 Makassar

Bungawati Bungawati, Syafaruddin Syafaruddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis pengaruh kepemimpinan, motivasi, dan disiplin kerja terhadap Kinerja Guru SMKN 7 Makassar. serta untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepemimpinan, motivasi, dan disiplin secara simultan bepengaruh terhadap Kinerja Guru SMKN 7 Makassar.

Penelitian ini dilaksanakan pada SMKN 7 Makassar. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SMKN 7 Makassar yang berjumlah 54 orang dengan pengambilan sampel menggunakan metode sensus. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi linier ganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan koefisien 0,374 dan sig = 0,000 < 0,05. Hal ini berarti bahwa semakin baik peran pemimpin maka kinerja guru akan semakin baik. Motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan koefisien 0,310 dan sig = 0,004 < 0,05. Hal ini berarti bahwa semakin baik motivasi kerja maka kinerja guru akan semakin baik. Disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan koefisien 0,301 dan sig = 0,008 < 0,05. Hal ini berarti bahwa semakin baik disiplin kerja maka kinerja guru akan semakin baik.

Kata Kunci : Kepemimpinan, Motivasi, Disiplin Kerja, dan Kinerja.


Full Text:

PDF

References


Al-Quran danTerjemahan Departemen Agama RI.EdisiTahun 2002

Arikunto, Suharsimi. 1993. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. Atmodiwiryo, Soebagyo. 2005. Manajemen Pelatihan. Cetakan Kedua. PT. Ardadzya Jaya. Jakarta.

Berliner, Gage. 1984. Educational Psychology. 3rd edition. Houghton Mifflin Company.All right reserved..

Buchari, Alma.2004. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan.Keenam, Bandung: Alfabeta.

Campbell. 1983. Introduction to Educational Administration. Massachussetts Allyn and Bacon, Inc.

Danim, Sudarwan. 2010. Kepemimpinan Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Dessler.1984. Manajemen Personalia; Teknik dan Konsep Modern. Alih bahasa oleh Agus Darma (Edisiketiga). Jakarta: Erlangga.

Dimyati. 2000. Model-model Pengambilan Keputusan, Bandung: Sinar Baru Algensindo. Fattah. 2000. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Gujarati, Damodar. 1999. Ekonomitrika Dasar, Terjemahan Sumarno Zain. Jakarta: Erlangga

Gusman,HagiEka. 2014. Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru di SMP N Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam. Volume 2 Nomor 1, Juni 2014 | Bahana Manajemen Pendidikan | Jurnal Administrasi Pendidikan. Halaman 299 ‐ 831.

Hafidhuddin, Didin. Dan Hendri Tanjung, 2003.Manajemen Syari’ah Dalam Praktik.Ed. 1, Jakarta: GemaInsani Press.

Handoko, T. H. 1993. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: Liberty.

Hasibuan. 1999. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta. BPK.Gunung.

Mulia. Koeswara,E. 1987, “Menyongsong Pelaksanaan Otonomi Daerah Berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999: Suatu Telaahan dan Menyangkut Kebijakan, Pelaksanaan dan Kompleksitasnya”, CSISXXIX Nomor 1, Jakarta.

Machmud, Amir. 1987. Pembinaan Politik Dalam Negeri Indonesia. Jakarta: Gramedia. Mangkunegara,A.A.A.P. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Perusahaan.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mangkunegara, A.A.P Dr.2008. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Manik, Ester. 2011. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Organisasi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru pada SMPNegeri 3 Rancaekek. Jurnal Ekonomi, Bisnis& Entrepreneurship Vol. 5, No. 2, Oktober 2011, 97-107. ISSN 2443-0633.

Manullang. M. Marihot. Manullang. 2001. Manajemen Personalia. Yogyakarta Gajah Mada University Press.

McClelland, D.C.1987. Human Motivation. New York : Cambridge University Press. . Moedjiono, Imam. 2002. Kepemimpinan dan Keorganisasian. Jakarta: UII Press Yogyakarta.

Moenir, A.S. 2002.Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Nawawi Imam. Kitab Riyadhus Shalihin. Hadis Bukhari

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 18 Tahun 2007.Depdiknas.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 30 tahun 1980 tentang Peraturan Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

Popham. 2001. Iklim Organisasi Sekolah. Yogyakarta: Studing.

Prayitno, dkk. 2004. Pedoman Khusus Bimbingan dan Konseling , Jakarta: Depdiknas.

Rahman, Abd. 2014. Peningkatan disiplin kerja guru di sekolah dasar yayasan. Jurnal,Volume 2 Nomor 1, Juni 2014 | Bahana Manajemen Pendidikan | Jurnal Administrasi Pendidikan. Halaman 1 ‐ 831.

Sedarmayanti.2001. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju.

Semiawan, Conny. 1995. Perspektif pendidikan Anak Berbakat. Jakarta: Gramedia Indonesia.

Semito, S. Alex. 1992. Manajemen Personalia. Jakarta :Ghalia

Siagian, Sondang P. 2003. Teori dan Praktek Kepemimpinan. Jakarta :Rineka Cipta. Sihombing, Umberto. 2000. Pendidikan Luar Sekolah Manajemen Strategi. Jakarta: PD Mahkota.

Slamet.Achmad, 2007, Manajemen Sumber Daya Manusia, Semarang: Unnes Press.

Soeitoe, Samuel. 1982. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Sugiyono, 2004, Statistik Penelitian, Bandung: Alpa Beta.

Terry, George R. 1997. Prinsip-Prinsip Manajemen. (edisi bahasa Indonesia). Bandung: PT. BumiAksara.

Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003.

Usman, Moh. Uzer. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya. Undang-Undang RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Veithzal, Rivai, 2004.Kiat Memimpin Dalam Abad Ke-21.Ed. 1, Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada

Wirawan. 2009. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia: Teori Aplikasi dan Penelitian. Jakarta: Salemba Empat.

Yensy, Nurul Astuty. 2014. Pengaruh Kompensasi dan Motivasi terhadap Kinerja Guru Di SMA Negeri 2 Argamakmur Bengkulu Utara. Jurnal Kependidikan Triadik, April 2010, Volume 13, No.1.

Zamroni,2000.Paradigma Pendidikan Masa Depan, Yogyakarta: Biagraf Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.