Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi dan DisiplinKerja terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Makassar

Salama Kaplale, Andi Mappatompo

Abstract


Dalam setiap organisasi, manusia merupakan salah satu komponen yang sangat penting. Bagaimana sempurnahnya suatu organisasi dalam perencanaan, kebijakan, teknologi yang dimiliki tidak dapat berjalan dengan lancer, jika tidak didukung tenaga kerja yang andal. Dengan sumber daya manusia yang berkualitas, organisasi mampu mengelola pegawai secara efektif dan efisien, serta mampu mendukung pencapaian tujuan organisasi..

Penelitian yang dilakukan selama dua bulan, mulai Mei hingga Juni ini bertujuan untuk menguji seberapa besar pengaruh kepemimpinan, motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Makassar. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif, dimana data yang digunakan berupa angka-angka. Melibatkan 58 sampel yang terdiri dari pegawai Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Makassar yang diambil dengan model Probability Sampling. Selanjutnya data dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Penelitian ini menggunakan data primer, yaitu pengumpulan data dengan cara membagikan quisioner.

Berdasarkan hasil penelitian terlihat bahwa variabel kepemimpinan tidak berpengaruh signifikan terdap kinerja dengan dengan nilai signifikansinya 0,163 > 0,05. Sedangkan variabel motivasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja sebesar 0,000 < 0,05, Serta variabel disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja kinerja pegawai Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Makassar,dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Dan diantara ketiga variabel bebas yang paling dominan berpengaruh terhadap kinerja adalah varaibel disiplin

Nilai R Square (R2) adalah 0,629 yang menunjukkan ketiga variabel bebas secara keseluruhan menentukan kinerja sebesar 62,9 % dan sisanya sebesar 37,1% ditentukan variabel lainnya.

Kata kunci: Kepemimpinan, Motivasi, Disiplin kerja dan kinerja pegawai


Full Text:

PDF

References


Deddy Mulyadi 2014, Perilaku Organisasi dan Kepemimpinan Pelayanan, Bandung, Penerbit Alfabeta

Dwi Suliswono 2015, Model kepemimpinan Modern di Program Pasca Sarjana Universitas Ahmad Dahlan.

Hasibuan, Malayu S. P. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hasibuan, Malayu. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, Bumi. Aksara. Hasibuan, Malayu S.P. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi. (2013)

Pegaruh Motivasi Kerja dan Bumi Aksara, Jakarta. Hair et Al .(2010:125), Tingkat Keandalan Cronbach`s Alpha

Ida Ayu Brahmana dan Agus, 2013, Pengaruh Motivasi Kerja,Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja karyawan

Kementrian Agama RI (Al-qur`an dan Terjemahan)

MRA Putri A.Agung ,2014, Pengaruh kepemimpinan , Budaya Organisasi dan Kompensasi Finasial Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan pada PT. Dunia Germen Internasional di Denpasar.

Ridwan. 2008. Metode dan Teknik Menyusun. Tesis. Bandung: Alfabeta.

Rivai, Veithzal. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. PT Rajagrafindo Persada. Jakarta

Rivai, Veithzal dan Basri. 2005. Performance Appraisal: Sistem Yang Tepat Untuk Menilai Kinerja Pegawai Dan Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. PT Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Robbins, Stepen, 2007, Perilaku Organisasi. Terj: Benyamin Molan. New Jersey Prentice Hall, Inc..

Schafer, Jr. (2004), Modifikasi Dasar Interprestasi Skor Item Dalam Penilaian Variable Penelitian.

Syamsiar Torang, 2014, Saydam Gouzali. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Gunung Agung : Jakarta..

Soedjono, 2000, Strategi Sumber Daya Manusia, Vol. 4, No. 4,hal 233-256. Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono.2008. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta. Sugiyono.2007. Metode Penelitian Bisnis, CV. Alfabeta, Yogyakarta.

Sugiyono.2003. Metode Penelitian Bisnis. Penerbit : Alfabeta. CV. Jl. Gegerkalong Hilir 84/88 Bandung. Cetakan Ketiga.

Terry, R, George. 2003. Prinsip-prinsip Manajemen, Bumi Aksara : Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.