Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Berprestasi, dan Kompensasi terhadap Kedisiplinan Guru Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sinjai Selatan

Muhammad Yusuf

Abstract


Pengaruh Kepemikmpinan Kepala Sekolah, Motivasi Berprestasi, dan Kompensasi terhadap Kedisiplinan Guru SMA Negeri 1 Sinjai Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi berprestasi, dan kompensasi baik secara simultan maupun secara parsial terhadap kedisiplinan guru SMA Negeri 1 Sinjai Selatan. Penelitian ini dilaksanakan pada lingkup SMA Negeri 1 Sinjai selatan, dengan objek penelitian dibatasi pada variabel kepemimpinan kepala sekolah, motivasi berprestasi guru, dan kompensasi sebagai variabel bebas dan kedisiplinan guru sebagai variabel terikat. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh (sensus) dimana seluruh populasi dijadikan sampel sehingga sampel sebanyak 39 orang guru PNS pada SMA Negeri 1 Sinjai Selatan. Pengambilan data menggunakan kuesioner yang diperkuat dengan hasil observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Analisis hasil penelitian diolah dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel kepemimpinan kepala sekolah, motivasi berprestasi, dan kompensasi terhadap kedisiplinan guru SMA Negeri 1 Sinjai Selatan baik secara parsial yang ditunjukkan dengan nilai thitung > t tabel dengan α = 0,05 dan nilai p < 0,001 untuk masing-masing variabel bebas, dan secara simultan yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung sebesar 40,665 yang berarti Fhitung > Ftabel dengan p < 0,001 pada taraf signifikansi 0,05. Hasil analisis tersebut menentukan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Studi ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi berprestasi, dan kompensasi secara parsial maupun simultan terhadap kedisiplinan guru SMA Negeri 1 Sinjai Selatan

Full Text:

PDF

References


Anderson, A., & Kyprianou, A. 1994. Effective Organizational Behaviour. Ambride Massachussets. USA: Blackwell.

Anwar, M.I. 2003. Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

____________, 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: Reneka Cipta. As’ad, M. 1986. Seri Ilmu Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Liberty.

Atmodiwiryo, S., dan Totosiswanto. 1991. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Semarang: Adi Waskito.

Budi, Endang, Kusumaningsih. 1999. Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Disiplin Staf PT Kusumahadi Santoso Surakarta. Tesis. Yogyakarta:Universitas Islam Indonesia.

Depdikbud. 1996/1997. Petunjuk Administrasi Sekolah Lanjutan Tingkat Atas. Jakarta: Depdikbud.

Gibson, A. 1996. Organisasi dan Manajemen, Perilaku Struktur dan Proses. Jakarta: Bumi Aksara.

Gitosudarmo, I, dan N.Sudito. 1997. Manajemen Bisnis. Yogyakarta: BPFE.

Hamalik, Oemar. 2000. Pengembangan Sumber Daya Manusia, Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan. Jakarta: Bumi Aksara.

Handoko, Hani. 1993. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Hasibuan, Malayu S.P. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia Jakarta: Bumi Aksara.

Kusmintarjo.1998. Dasar-dasar Manajemen (Kepemimpinan). Jakarta: Depdikbud.

Lezotte, L.W. 1991. Correlates of Effective Schools; The First and Second Generation.(Versi electronic). Effective Schools Products, Ltd. Okemos. MI, 1-6.

Lowe, P., & Lewis, R. 1999. Management Development Beyond the Fringe. London: Kogan Page Ltd.

Mangkunegoro, A. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Rosdakarya.

Maryoto, S.1998. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE. Miller,L.M.1987. Manajemen Era Baru. Jakarta: Erlangga.

Moekiyat. 2000. Fungsi-fungsi Manajemen. Bandung: Mandar Maju.

Mulyasa, E. 2004. Menjadi Kepala Sekolah Profesional.Bandung: Remaja Rosdakarya.

__________, 2007. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya. Nawawi, Hadari. 2003. Kepemimpinan Mengefektifkan Organisasi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nunnaly, J.C. 1967. Psychometic Theory. New York, USA: McGraw Hill.

Robins, S.P. 1992.Essentials of Organizational Behaviour. New Jersey,USA: Prentice -Hall International, Inc.

Santoso, Singgih. 2004. Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Siagian, S.P. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

____________, 2004. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: PT Rineka Cipta. Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sulistya, Achmad. 1999. Gaya Kepemimpinan dan Pengaruhnya terhadap Disiplin Pegawai di Lingkungan Balai Pendidikan dan Latihan Pelayaran Semarang. Tesis. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Supriadi, Dedi. 1998. Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Suryobroto, 2004. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta. Sutarto. 1995. Dasar-dasar Organisasi.Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Timpe, A.D.1991. Memotivasi Pegawai. Jakarta: Elexmedia Komputindo Kelompok Gramedia.

Timpe, A.D. 1999. Seri Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Elexmedia Komputindo.

Tim Penyusun. 2014. Pedoman Penulisan Tesis. Makassar. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Makassar.

Tiro, Muhammad Arif. 2009. Penelitian: Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Makassar. Andira Publisher.

_________________. 2010. Analisis Korelasi dan Regresi. Makassar. Andira Publisher. Tiro, Muhammad Arif, dan Ahsan, Muhammad. 2015. Peyajian Informatif Tabel, Grafik, dan Statistik. Makassar. Andira Publisher.

Tiro, Muhammad Arif, dan Sukarna. 2012. Pengembangan Instrumen Pengumpulan Data Penelitian. Makassar. Andira Publisher.

Wahjosumijo. 1994. Kepemimpinan dan Motivasi Pendidikan Jakarta: Chalia Indonesia.

Widodo, Syukri Fathudin Achmad. 2002. Hubungan Persepsi Tentang Konsep Diri dan Motivasi Berprestasi dengan Kinerja Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semerang. Tesis. Semarang: UNNES.

Yulk, GA. 1989. Leadership in Organizations. New Jersey, USA: Prentice Hall.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.