PERKEMBANGAN ISLAM DI PAKISTAN

Hj Maryam

Abstract


Pakistan merupakan bagian dari India yang mengalami penjajahan dari Inggris, dan menjadi negara berdaulat dan merdeka, setelah terjadi benturan kepentingan serta perbedaan dengan negara India. Pakistan adalah negara muslim terbesar kedua di dunia, dan memiliki latar belakang etnik yang cukup beragam, yakni Punjabi, Shindhi, Pathan, Baluch dan etnis India, dengan latar belakang agama yang beragam, dengan mayoritas muslim serta minoritas non muslim yaitu Kristen, Hindu, dan Persi. Islam dan umat Islam di Pakistan telah memberikan kontribusi secara nyata dalam perkembangan peradaban di dunia Islam. Pakistan merupakan suatu Negara yang mengambil Islam sebagai sumber hukum telah menjadi fenomena tersendiri dalam kajian tentang hubungan Negara dan agama dalam Islam. Pakistan melahirkan banyak tokoh intelektual muslim di antaranya Muhammad Iqbal sebagai penggagas utama berdirinya Negara Pakistan, Muhammad Ali Jinnah dan Fazlurrahman.

Kata Kunci: India; Muslim; Pakistan

Full Text:

PDF

References


Ali. Mukti, Alam Pikiran Islam Modern di India dan Pakistan, Bandung: Mizan,1993

Amal, Taufik Adnan, “Pelajaran Berharga dari Paistan.” Dalam Islam Liberal Co, Tanggal 5 Juni 2001, http:/Islamlib.com/id/artikel/pelajaran berharga dari Pakistan. (diambil pada tanggal 5 Juni 2011)

C Smith. Wilfred, Islam In Modern History, diterjemahkan oleh Bharatara dengan Judul Dunia Islam Modern, Jakarta: t.penerbit, 1997.

Esposito. L. Jhon, Islam And Development Religion And Sosiopolitical Change, diterjemahkan oleh A. Rahman Zainuddin dengan judul “Identitas Islam Pada Perubahan Sosial Politik, Cet. I, Jakarta: Bulan Bintang,

Yatim. Badri, Sejarah Peradaban Islam, Jakarta: Rajawali Press, 2008.

Lapidus.M Ira, A History of Islam Societies, diterjemahkan oleh Ghufron A. Mas’adi Dengan judul Sejarah Sosial Umat Islam

Nasution. Harun, Pembaharuan dalam Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1975

Ensiklopedi Islam, Jilid. IV, Cet. IV; Jakarta: Ikhtiar Baru Van Houve, 1997.

Setiawan dkk. B, Ensiklopedi Nasional Indonesia, Jilid. XII, Cet. I; Jakarta: Cipta Adi Pustaka, 1990.

Sdzali. Munawir, Islam dan Tata Negara dan Pemikiran, Jakarta: Universitas Indonesia Press, 1993.

Susanto. Musyrifa, Sejarah Islam Klasik Perkembangan Ilmu Pengetahuan Islam, Cet. I, Bogor: Kencana, 2003.

Maa’rif. Syafi’I. Ahmad,Benazir Bhoto tentang dunia Islam, Dalam Muhammadiyah Online, tanggal 16 April 2021.

Thohir. Ajid, Studi Kawasan Dunia Islam, Jakarta: Rajawali, 2009

Zardar Zainuddin, The Future Of Muslim Cilivisation, diterjemahkan oleh Rahman Astuti dengan judul Rekayasa Masa Depan Peradaban Muslim, Cet. IV, Bandung: Mizan, 1993.

Link

www, Yahoo, Sejarah Pakistan Com

www. Syabab. Com. Tanggal 10 Mei 2011

http: / fid, Welki. Wikipedia org wiki/ Pakistan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.