PENGARUH PENDIDIKAN ISLAM DI LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PERILAKU BERAGAMA SISWA SDN 165 PUDETE DESA MALALIN KECAMATAN CENDANA KABUPATEN ENREKANG

St Muthahharah, Ratna Juita Ismail

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu: untuk mengetahui Pendidikan Islam di lingkungan keluarga siswa SDN 165 Pudete Desa Malalin Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang, untuk mengetahui perilaku beragama siswa SDN 165 Pudete Desa Malalin Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang, untuk menngetahui pengaruh Pendidikan Islam di lingkungan keluarga terhadap perilaku bergaama siswa SDN 165 Pudete Desa Malalin Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang.

Peneliti ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun penelitian dilaksanakan pada bulan Mei sampai Juni 2022. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan 16 orang siswa melalui dua variabel yaitu variabel bebas berupa pendidikan Islam di lingkungan keluarga dan variabel terikat yang berupa perilaku beragama siswa.

Hasil penelitian dapat di ragkum sebagai berikut: 1). Pelaksanaan pendidikan Islam di lingkungan keluarga siswa SDN 165 Pudete Desa Malalin Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang termasuk dalam kategori “Sedang”, yaitu pada interval 27,25-30,25 dengan niai rata-rata 29,69. 2). Perilaku beragama siswa SDN 165 Pudete Desa Malalin Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang termasuk dalam kategori “Baik”, yaitu pada interval 26’2-29,8, dengan nilai rata-rata 28,31. 3). Pengaruh Pendidikan Islam di Lingkungan Keluarga Terhadap Perilaku Beragama Siswa SD 165 Pudete Desa Malalin Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang yaitu memiliki pengaruh dimana dilihat pada perhitungann bahwa jumlah thitung (7,786) lebih besar dari ttabel (2,144) yang menandakan bahwa pegaruh pendidikan Islam di lingkungan keluarga terhadap perilaku beragama siswa memiliki pengaruh yang signifikan

Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an dan Terjemahnya

Al-Nahlawi, Abdurrahman, Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah dan

Maasyarakat, Jakarta: Gema Insani Press, 1995..

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta:

Rineka Cipta, 1998..

Ddjumransjah, M. & Abdul Malik Karim Amrullah, Pendidikan Islam Menengah

“Tradisi Mengukuhkan Eksistensi”, Malang: UIN Malang press, 2007.

Hasbullah, Dasar-dasar Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers,2013.

Kementerian Agama RI Al-Qur’an dan Terjemahannya, Jawa Barat: Sygma

Exsamedia Arikenleema, 2010.

Kholiq, Abdul, ”Pendekatan Penghayatan dalam Pendidikan Islam (Telaah

Aksiologi Model Etika Immanuel Kant)” dalam buku Paradigma

Pendidikan Islam, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo

Semarang bekersa sama dengan Pustaaka Pelajar, 2001.

Rachman, Abdul, Pendidikan Agama Islam dan Keagamaan visi, misi dan aksi

Jakarta:Gemawindi Pancaperkasa,2000.

Rukaesih dan Ucu Cahyanga, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta:

PT. Raja Grapindo Persada, 2016

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan

R&D), Bandung: Alfa Beta, 2010.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 52 tahunn 2009 Bab 1, Pasal 1 ayat 6

Tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga


Refbacks

  • There are currently no refbacks.