KONTRIBUSI PERSYARIKATAN MUHAMMADIYAH TERHADAP PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONRSIA

Wahdaniya Amrullah, Abdul Fattah

Abstract


Studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kontribusi persyarikatan Muhammadiyah terhadap perkembangan pendidikan Islam di indnesia. Sejarah pendidikan Islam di Indonesia sangatlah erat hubungannya  dengan kedatangan Islam itu sendiri ke Indonesia. Perkembangan pendidikan Islam di Indonesia ditanddai dengan kemunculan modernisasi pendidikan sejak awal abad ke 20. Pada lapangan pendidikan direalisasikan dengan pembentukan lembaga pendidikan  modern yang diadopsi dari sistem pendidikan kolonial Belanda. Pemrakarsa pertama dalam hal ini adalah organisasi modernis Islam, seperti Jami’at Khair, al Irsyad, dan Muhammadiyah. Relevansinya dengan organisasi Muhammadiyah sebagai gerakan pembaharu Islam di Indonesia, salah satu yang melatar belakangi adanya spirit modernisasi pemikiran Islam dalam bentuk organisasi itu. yaitu keterbelakangan dan rendahnya pendidikan umat Islam Indonesia pada seluruh aspek kehidupan. Dengan adanya semangat untuk memberikan kontribusi dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, tokoh Muhammadiyah K.H. Ahmad Dahlan mendirikan sebuah sekolah bernama Madrasah Ibtidayyah Diniyyah Islamiyyah pada tahun 1911, sebelum mendirikan organisasi Muhammadiyah. Adapun fokus kajian dalam tulisan ini adalah Bagaimana sejarah perkembangan pendidikan Islam di Indonesia, bagaimana sistem pendidikan Islam di Indonesia, bagaimana kontribusi Persyarikatan Muhammadiyah terhadap perkembangan pendidikan Islam di Indonesia.

 

Kata Kunci : Kontribusi Persyarikatan Muhamadiyah, Pendidikan Islam 


Full Text:

PDF

References


Arifin, H. M. Ilmu Pendidikan Islam, Tinjauan teoretis dan Praktis Berdsasarkan Pendekatan Interdisipliner, Cet. V; Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2011.

Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam, Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Cet. I; Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.

Beni Ahmad Saebani dan Hendra Akhdiyat, Ilmu Pendidikan Islam, (Cet.I. Bandung: CV. Pustaka Setia, 2009), h. 48.

Nashir, Haedar, Muhammadiyah Gerakan Pembaruan (Cet. I; Yogyakarta: Suara Muhammadiyah, Surya Sarana Grafika, 2010.

Nata, Abuddin. Sejarah Pendidikan Islam Pada Periode Klasik dan Pertengahan, Cet. II; Jakarta: Rajawali Pers, 2010.

Nizar, Samsul. Sejarah Pendidikan Islam, Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan Era Rasulullah sampai Indonesia, Cet. IV; Jakarta: Kencana, 2011.

Pulungan, Suyuthi Sejarah Peradaban Islam, Cet.1. AMZAH, 2018

Rahmansyah, Kuliah Kemuhammadiyahan, LP3M Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Shaleh, Rosyad, Manajemen Dakwah Muhammadiyah (Cet. III; Yogyakarta: Suara Muhammadiyah, 2010.

Sunanto, Musyrifah. Sejarah Peradaban Islam Indonesia, Cet. IV; Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2012.

Talib, Abdullah. Modernisasi Pemikiran Islam di Indonesia, Cet.I; Makassar: Alauddin University press, 2011.

Yatim, Badri. Sejarah Peeradaban Islam, Dirasah Islamiyah II, Cet. XXII; Jakarta: Rajawali Pers, 2010.

Yunus, Abd. Rahim. Kajian Historiografi Islam (Dalam Sejarah Periode Klasik), Cet. I; Makassar: Alauddin University Press, 2011.

Zuhairini, dkk. Sejarah Pendidikan Islam, Cet. VII; Jakarta: Bumi Aksara, 2006.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.