PESANTREN DI INDONESIA: LEMBAGA PEMBENTUKAN KARAKTER

Riskal Fitri, Syarifuddin Ondeng

Abstract


Pondok pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan berbasis islam yang ada di Indonesia, yang di dalamnya mengajarkan berbagai macam  pelajaran  keagamaan  mengenai  islam  dan  sebagai  salah  satu  lembaga yang berperan banyak dalam pendidikan moral dan akhlak yang mulia bagi para santri didalamnya. Pondok pesantren yang ada di indonesia memiliki sejarah yang unik dan mempunyai ciri khas tersendiri dibandingkan dengan pondok  pesantren  yang   ada  di  negeri lain. Memaknai Istilah Pondok Pesantren. Tujuan  penelitian ini adalah : 1) Memahami sejarah singkat dan perkembangan pondok pesantren di Indonesia. 2) Memaknai karakteristik dan tujuan serta umsur-unsur pendidikan pesantren sebagai lembaga pendidikan islam di Indonesia. 3) Memahami sistem pembelajaran pondok pesantren di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan eksistensinya yang semakin bertahan dan memperoleh pengakuan dan variasinya yang semakin bertambah, telah mengantarkan pada kesimpulan bahwa pesantren mempunyai karakter plural, tidak seragam dan tidak memiliki wajah uniform. Pluralitas pesantren ditunjukkan antara lain dengan tiadanya sebuah aturan pun baik menyangkut manajerial, administrasi, birokrasi, struktur, budaya, kurikulum dan apalagi pemihakan politik. Yang dapat mendefinisikan pesantren menjadi tunggal adalah aturan yang datang dari pemahaman agama yang terefleksikan dalam berbagai kitab kuning.

 

Kata Kunci: Pesantren; Indonesia; dan karakter


Full Text:

PDF

References


Abudin Nata, sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga-lembaga Pendidikan Islam di Indonesia (Jakarta: Grasindo, 2001), 176

Cliffordz Geertz, ―The Javanese Kyai: The Changing Role of A Cultural Broker‖, Comparative Studies in Society and History Vol. 2 (1959-1960), hlm. 236-238.

M. Tata Taufiq, et all. Rekonstruksi Pesantren Masa Depan dari Tradisional, Modern, hingga Post Modern (Kuningan: IAIN Lathifah MubarokiyanSuryalaya), 32

M. Tata Taufiq, et all. Rekonstruksi Pesantren, 57

Muhammad Idris Usman , Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam, Jurnal Al Hikmah Vol. XIV Nomor 1/2013

Tim Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, Pola Pembelajaran Pondok Pesantren (DitPeka Pontren. 2003), 74.

Tim Penyusun Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Gunung Djati. Teori-Teori Pendidikan Islam. (Bandung: 2001), 88.

Zamakhsyari Dhofier, Tradisi Pesantren: Studi Pandangan Hidup Kyai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia (Jakarta: LP3ES, 2011), hlm.9


Refbacks

  • There are currently no refbacks.