PERKEMBANGAN PERGURUAN TINGGI ISLAM DI INDONESIA

A Rezky Nurhidaya, Azaz Akbar, Ashar Ashar, Ince Prabu, Syarifuddin Ondeng

Abstract


Perkembangan Perguruan tinggi Islam di Indonesia telah berlangsung sejak dibukanya Sekolah Tinggi Islam (STI) di Jakarta pada bulan Juli 1945 menjelang Indonesia merdeka. Sejak saat itu dinamika dan perkembangan perguruan Tinggi Islam dimulai. Setelah terbentuknya STI berubah menjadi UII (Universitas Islam Indonesia). Perkembangan berikutnya fakultasagama UII dinegerikan menjadi PTAIN (Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri), kemudian fase berikutnya muncullah IAIN dan STAIN, selain itu muncul pula pendidikan tinggi Islam swasta, baik berbentuk universitas, institut, maupun sekolah tinggi. Paradigma baru perguruan tinggi itu pada dasarnya bertumpu kepada tiga tungku utama, yakni Pertama, kemandirian lebih besar (greater autonomy) dalam pengelolaan atau otonomi. Kedua, akuntabilitas atau tanggung urai (greater accountability), bukan hanya dalam hal pemanfaatan sumber-sumber keuangan secara lebih bertanggungjawab, tetapi juga dalam pengembangan keilmuan, kandungan pendidikan dan program-program yang diselenggarakan. Ketiga, jaminan lebih besar terhadap kualitas (greater quality assurance) melalui evaluasi internal (internal evaluation) yang dilakukan secara kontinu dan berkesinambungan; dan evaluasi eksternal (external evaluation) oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN).

Kata Kunci: Akuntabilitas PTAI, Perguruan Tinggi; Sejarah pendidikan

Full Text:

PDF

References


Hasbullah. Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia: Lintasan Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1996.

HS Marzuki dan Marzuki. Perguruan Tinggi Agama Islam Indonesia: Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangannya, Jakarta: Departemen Agama RI, 2003.

Munthoha, et.al. Pemikiran dan Peradaban, Jogjakarta: UII Press, 1998.

Putra Daulay, Haidar. Dinamika Pendidikan Islam di Asia Tenggara, Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

_________________. Pendidikan Islam: Dalam Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Kencana, 2004.

_________________. Sejarah Pertumbuhan Pembaruan pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Kencana, 2007.

I.N, Soebagijo. K.H.Mansur: Pembaharuan Islam Indonesia, Jakarta: Gunung Agung, 1981.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.