PROBLEMATIKA DAN KRISIS PENDIDIKAN ISLAM MASA KINI DAN MASA YANG AKAN DATANG

Abdullah Muhammad

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk 1) untuk mengkaji Permasalahan Pendidikan Islam saat Ini. 2) dan Solusi Problematika Pendidikan Islam Saat ini dan akan datang berdasarkan hasil kajian dan anaalisi kritis maka disimpulkan sebagai berikut; 1) Problematika yang terjadi dalam dunia pendidikan islam diantaranya adalah dekadensi moral dan dikotomik ilmu pengatahuan. 2) Solusi dalam problematika pendidikan islam adalah dengan menanamkan nilai karakter dan pencegahan dikotomi ilmu pengatahuan. Adapun nilai nilai karakter tersebut yaitu Nilai karakter Religius Sikap dan perilaku yang religius merupakan sikap dan perilaku yang dekat dengan hal-hal spiritual. Jujur Salah satu bentuk program yang dapat dilakukan oleh sekolah untuk menumbuhkan kejujuran pada peserta didik, yaitu dengan membuat kantin jujur Toleransi Membentuk peserta didik yang memiliki rasa toleransi terhadap sesama. Kerja Keras Peserta didik perlu diajarkan mengenai pentingnya kerja keras. Kreatif Kreatif adalah suatu kemampuan namun untuk menciptakan suatu yang baru, untuk memberikan gagasan-gagasan baru yang diterapkan dalam pemecahan masalah. Mandiri Suatu proses pembelajaran peserta didik hendaknya dapat diarahkan agar menjadi peserta didik yang mandiri. Mandiri Suatu proses pembelajaran peserta didik hendaknya dapat diarahkan agar menjadi peserta didik yang mandiri.

 

 

Kata Kunci:  Pendidikan Islam, Nilai Karakter dan Problematika


Full Text:

PDF

References


Azrah, Azyumardi. Pendidikan Islam : Tradisi dan Moderenisasi di Tengah Tantangan Melenium III Cet. I; Jakarta: Kencana Penada Media Grup, 2012.

al-Hufy, Ahmad Muhammad. Akhlak Nabi saw : Keluruhan dan Kemuliannya Terj. Masdar Helmy dan Abd. Khalik Anwar (Jakarta : Bulan Bintang, 1978.

Departemen Agama RI, al-Qur’an dan Terjemahannya dengan Transliterasi Semarang: PT. Karya Toha Putra.

Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta : Balai Pustaka, 1997.

Dewantara, Ki Hadjar. Menuju Manusia Merdeka Yogyakarta : Leutika, 2009.

H. Makawimbang, Jerry. Supervisi dan Peningkatan Mutu Pendidikan Cet. I; Bandung : Alfabeta, 20011.

Hariyanto, Didik. Membentuk Sikap Toleran Peserta didik Melalui Pendidikan Berbasis Karakter dalam http://www.lazuardibirru.org. Diakses 23 Maret 2022.

Hamalik, Oema.r Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.

Kementrian Pendidikan Nasional Badan Penelitian Pengembangan Pusat Kurikulum, Bahan Pelatihan : Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Jakarta : Kendiknas, 2010.

https://media.neliti.com/media/publications/288575-tantangan-pendidikan-islam-di-era-global-62819796.pdf diakses pada tanggal 24 Maret 2022

Khatimah, Nunung Khusnul. Penerapan role Playing dengan tema kantin kejujuran sebagai upaya penanaman sifat anti korupsi (pendidikan karakter) Pada peserta didik SD kelas IV dalam http://nunung-kyeopta.blogspot.com.

Munandar, Utami Pengembangan Emosi dan Kreatifitas Jakarta : Rineka Cipta, 2004.

Nata, Abuddin. Tafsir Ayat-Ayat Pendiikan Cet. III; Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2009.

Sudewo, Erie. Character Building : Menuju Indonesia Lebih Baik (Jakarta : Republika Penerbit, 2011), h. 13.

Subini, Nini. Awas Jangan Jadi Guru Karbiatan : Kesalahan-Kesalahan Guru dalam Pendidikan dan Pembelajaran Yogyakarta : Javalitera,2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.