RELEVANSI PEMIKIRAN KH. AHMAD DAHLAN DAN KH. HASYIM ASY’ARI DAN PENGARUHNYA DALAM BIDANG PENDIDIKAN ISLAM

Abrina Maulidnawati Jumrah, Syarifuddin Ondeng

Abstract


Muhammadiyah dan NU merupakan organisasi sosial Islam mainstreamdi Indonesia  yang  telah  berdiri  sebelum  Indonesia  merdeka.  Kedua  organisasi  ini menggerakkan pembaharuan  pemikiran  Islam,  dakwah,  sosial,  kesehatan  dan pendidikan. KH. Ahmad Dahlan merupakan seorang pendiri Muhammadiyah. Dibidang pendidikan, Muhammadiyah melakukan modernisasi pendidikan islam di Indonesia. Dengan menyempurnakan kurikulum pendidikan islam dengan memasukkan pendidikan agama islam ke sekolah umum dan pengetahuan sekuler ke sekolah agama. kebangkitan Islam di Indonesia pun juga diwarnai dengan pemikiran KH.Hasyim Asy’ari pendiri NU yang berbeda dengan KH.Ahmad Dahlan. Bangkitnya pemikiran KH.Hasyim Asy’ari adalah ingin tetap mempertahankan tradisionalisme, akan tetapi juga menghendaki perubahan yang lebih baik dalam pendidikan Islam Indonesia  Tujuan Penelitian ini yaitu 1) untuk mengkaji Pemikiran KH. Ahmad Dahlan dalam bidang Pendidikan Islam 2) untuk mengkaji Pemikiran KH. Hasyim Asy’ari dalam bidang Pendidikan Islam3)untuk mengetahui  Relevansi Pemikiran KH. Ahmad Dahlan dan KH. Hasyim Asy’ari terhadap Pendidikan Islam.Hasil  penelitian  ini mengungkapkan   bahwa walaupun berbeda pandangan namun memiliki relevansi pemikiran yaitu mengharapkan agar umat Islam tidak sekedar mempuni dalam ilmu agama saja tapi juga mempuni dalam ilmu-ilmu umum. Hal ini nampak dari usaha mereka di samping ilmu-ilmu agama, juga memasukkan materi ilmu-ilmu profan dalam kurikulum lembaga pendidikan yang mereka kelola.

Kata Kunci: Kh. Ahmad Dahlan ; Kh. Hasyim Asy’ari; Pendidikan Islam


Full Text:

PDF

References


Asy’ari, Hasyim. Etika Pendidikan Islam. Yogyakarta: Titian Wacana, 2007.

______. Adab al-‘Alīm wa al-Muta’allim fī mā Yahtaju Ilayh al-Muta’allim fī Ahwal Ta’līmihi wa ma Yatawaqqafu ‘alayhi al-Mu’allim fī Maqāmati Ta’līmihi. Jombang: Maktabah At Turas Al Islami, tt

Ali, Mukti. Alam Pikiran Modern di Indonesia Indonesia. Jakarta: Jajasan Nida, 1971

Arifin, Imron. Muhammad Slamet. Kepemimpinan Kyai dalam Perubahan Manajemen Pondok Pesantren, Kasus Ponpes Tebuireng Jombang. Yogyakarta: Aditya Media, 2010.

Azra, Azyumardi. Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII dan XVI. Bandung: Mizan, 1995 “Biografi tokoh dunia” http://kolom-biografi.blogspot.com/2011/12/ biografi-kh-ahmad-dahlan.html, diakses tanggal 09 Desember 2021 .

Bruinessen, Martin Van. NU, Tradisi Relasi-relasi Kuasa Pencarian Wacana Baru. Yogyakarta: LKiS, 1999


Refbacks

  • There are currently no refbacks.