MANUSIA DALAM PANDANGAN ISLAM

Muh. Amin

Abstract


Sangat sulit mendapatkan pengetahuan yang komprehensif saat membahas tentang manusia, karena manusia adalah makhluk Allah yang sangat kompleks. Bukan hanya struktur tubuhnya, tetapi juga masalah yang dihadapi cukup kompleks. Mendidik manusia bukan hanya sekedar mendidik, teapi harus mengetahui hakikat dari manusia itu. Keterbatasan pengetahuan manusia tentang dirinya disebabkan karena perhatian manusia hanya tertuju pada alam materi. Pengetahuan tentang manusia disebabkan karena manusia adalah salah satu makhluk yang dalam unsur penciptaannya terdapat roh ilahi sedangkan manusia tidak diberi pengetahuan tentang roh kecuali sedikit. Seorang manusia menampakkan dirinya sebagai manusia jika ia menggunakan akalnya dalam segala hal. Akal adalah segala aspek penting dalam hakikat manusia. Manusia lahir dengan potensi kodratnya berupa cipta, rasa dan karsa. Cipta adalah kemampuan spritual yang secara khusus mempersoalkan nilai kebenaran. Rasa adalah kemampuan spritual yang secara khusus mempersoalkan nilai keindahan. Sedangkan karsa adalah kemampuan spritual, yang secara khusus mempersoalkan nilai kebaikan. Dengan ketiga potensi itu manusia selalu mendorong untuk ingin tahu dan bukan mendapatkan nilai-nilai kebenaran, keindahan, dan kebaikan yang terkandung dalam segala sesuatu yang ada. Manusia dalam Pandangan Islam adalah makhluk yang diberikan amanah oleh Allah swt dan wajib ditunaikan. Manusia juga memiliki berbagai macam karakter, yang dengan karakter tersebut, antara yang satu dengan yang lainnya menjadi kelebihan sekaligus kekurangannya. Sementara potensi yang dimiliki oleh manusia telah ada sejak ia lahir, sehingga potensi yang baik harus ditumbuhkan dan dipelihara.

Kata Kunci: Akal, Makhluk Allah, Manusia

Full Text:

PDF

References


Carrel, Alexis. 1986. Man the Unknown. Diterjemahkan oleh Syafiq As’ad Farid dengan judul Al-Insan Dzalika Al-Majhul. Beirut: Maktabah Al-Ma’arif.

Hadi Hardono.1996. Jati Diri Manusia Berdasar Filsafat Organisme Whitehead Yogyakarta: anisius.

Jalaluddin, Abdullah. 2009. Filsafat Pendidikan Manusia, Filsafat, dan Pendidikan. Jogjakarta: Arruz Media.

Mohammad Omar Al-Toumy Al-Syaibany. 1979. Falsafah Pendidikan Islam” Ter.Hasan Langgulung. Jakarta: Bulan Bintang.

Suhartono, Suparlan. 2006. Filsafat Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Tafsir Ahmad. 2008. Filsafat Pendidikan Islam Integrasi Jasmani, Rohani dan Kalbu Memanusiakan Manusia. Bandung: Remaja Rodaskarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.