STIMULUS GURU DAN RESPON SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI TINGKAT SMP

Fatmawati Fatmawati, Putri Anjarsari

Abstract


Penelitian ini mendiskusikan pokok permasalahan yaitu cara guru dalam memberikan stimulus kepada siswa dalam pembelajaran bahasa Arab, melihat respon yang ditunjukan oleh siswa dalam pembelajaran bahasa Arab , serta menemukan faktor penghambat stimulus dan respon dalam pembelajaran bahasa Arab pada siswa SMP di Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, di mana pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi (pengamatan), wawancara dan dokumen, yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil temuan lapangan, dapat diketahui bahwa stimulus yang dapat diberikan oleh guru dalam pembelajaran yaitu: 1) Penggunaan variasi metode mengajar, materi, dan buku penunjang; (2) pemberian nilai; (3) pemberian hukuman; dan (4) pemberian pujian atau penghargaan. Respon yang ditunjukkan siswa dalam pembelajaran yaitu: 1) Respon Perseptual; (2) Respon Emosional; dan (3) Respon Behavioristik. Sementara faktor penghambat stimulus dan respon dalam pembelajaran yaitu faktor intern dan faktor ekstern siswa.

Kata kunci: Stimulus, Respon, Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Al Quran Al Karim. Departemen Agama RI

Anshar, Ahmad Muhtadi. 2009. Pengajaran bahasa Arab media dan metode-metodenya .Yogyakarta: TERAS

Depdiknas, 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta:Balai Pustaka

Effendy, Akhmad Fuad. 2015. Metodologi pengajaran bahasa Arab Malang: Misykat

Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara

Hermawan, Acep. 2014. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Kemenag RI. 2012. Al-Qur’an Transliterasi Per Kata dan Terjemahan Per Kata Bekasi: Cipta Bagus Segara

Mu’in, Abdul. 2004. Analisis Kontrastif Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia (Telaah terhadap Fonetik dan Morfologi). Jakarta: Pustaka Al Husna Baru

Mudyahardjo, Redja. 2012. Pengantar Pendidikan: Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-Dasar Pendidikan Pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Mulyasa. 2009. Menjadi guru Profesional Cet. III. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nuha, Ulin. 2009. Pengajaran Bahasa Asing dengan Pendekatan Interaktif Yogyakarta: Idea Press

Ormrod, Jeanne Ellis. 2008. Psikologi Pendidikan, membangun siswa tumbuh dan berkembang Jakarta: Erlangga

Parera, Jos D. 1997. Lingustik Edukasional. Jakarta: Erlangga

Permenag. 2008. Bab VI. tentang Standar Kompetensi dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab

Prawira, Purwa Atmaja. 2016. Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru cet. III. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Purwanto, Ngalim. 2004 Psikologi Pendidikan Cet. XXII. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Roqib, Moh. 2009. Ilmu Pendidikan Islam Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga, dan Masyarakat. Yogyakarta: LKIS

Ruswandi. 2013. Psikologi Pembelajaran cet. I. Bandung: CV. Cipta Pesona Sejahtera

Sahmo, Bartolemeus. 2013. Pendidikan Ki Hajar Dewantara. Yogyakarta: Kanisius

Santrock, John.W. 2008. Perkembangan Anak Jilid I Erlangga. 2008

Soemanto, Wasty. 2006 Psikologi Pendidikan Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Suryabrata, Sumadi. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Suryabrata, Sumadi. 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Belajar Cet.III. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Syah, Muhibbin. 2014. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru Cet. XIX. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Usman, Uzer. 2005. Menjadi Guru Professional. Bandung: PT Remaja rosdakarya

Yahdi, Muh. 2013. Pembelajaran Micro Teaching Cet. I. Makassar: Alauddin University Press

Zalyana. 2014. Reinforcement Posisitif dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Pekanbaru Riau.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.