PERANAN ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN ANAK MELALUI INTERNALISASI NILAI-NILAI AGAMA ISLAM
Abstract
Pendidikan merupakan proses pembentukan manusia secara utuh, baik dari segi jiwa, raga dan spiritual, yang dimaksudkan untuk meningkatkan diri dalam segala aspeknya. Pendidikan merupakan suatu yang integral dari kehidupan di mana tujuannya adalah memelihara dan membentuk latihan, jadi pendidikan adalah suatu usaha yang dilakukan secara sadar dan sengaja untuk mengubah tingkah laku manusia secara individu maupun kelompok untuk mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. realitas yang sering temukan ditengah masyarakat baik dari berita-berita yang kita lihat, baik dari televisi maupun surat kabar telah banyak terjadi pergeseran-pergeseran moral seperti kurangnya perhatian orang tua terhadap anak-anak sehingga berdampak pada hilangnya nilai–nilai sepiritual ini mengakibatkan dekadensi moral dan berdampak pada perilaku amoral seperti tidak tau adab sopan santun,tawuran, geng, dan mengarah pada inkondisitas. Hal ini terjadi karena kurangnya pembinaan orangtua terhadap anak. Pendidikan karakter hanya akan menjadi sekadar wacana jika tidak dipahami secara lebih utuh dan menyeluruh dalam konteks pendidikan nasional kita. Bahkan, pendidikan karakter yang dipahami secara parsial dan tidak tepat sasaran justru malah bersifat kontraproduktif bagi pembentukan karakter anak didik. Pendekatan parsial yang tidak didasari pendekatan pedagogi yang kokoh alih-alih menanamkan nilai-nilai keutamaan dalam diri anak, malah menjerumuskan mereka pada perilaku kurang bermoral. Misi kependidikan yang dibawa oleh Al-Qur’an mencakup hakikat pendidikan yang universal dalam arti bahwa kegiatan pendidikan adalah merupakan proses yang abadi dejak keberadaan manusia di dalam dunia (Adam diteruskan pada momentum-momentum historis dalam kisah umat-umat terdahulu) sampai pada akhir zaman. Substansi pendidikan Islam yang dibawa oleh al-qur’an tidak mengalami perubahan, yakni merupakan suatu proses untuk memperteguh keyakinan manusia untuk menerima kebenaran Ilahi dan pengembangan potensi manusia untuk mengembangkan kebenaran tersebut. Secara metodologis dalam al-qur’an terdapat beberapa petunjuk yang bervariasi sesuai dengan tujuan, sasaran, ruang, dan waktu di mana proses pendidikan terjadi.
Kata Kunci: Internalisasi Nilai Islam, Karakter Anak, Pendidikan IslamFull Text:
PDFReferences
Abdullah, Munir (2010). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pedagogia.
Ahsanulkhaq, Moh. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, Vol. 2 No. 1, Juni 2019, hal. 21-33
Akhyak, 2005, Profil Pendidikan Sukses, (Surabaya: ELKAF)
Arifin, H.M, 2014, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta, Bumi Aksara
Azra, Azyumardi (2003). Paradigma Baru Pendidikan Nasional: Rekonstruksi dan Demokratisasi. Jakarta: penerbit kompas.
Fatmawati (2016). Peran Keluarga Terhadap Pembentukan Kepribadian Islam Bagi Remaja. Jurnal Risalah, Vol. 27, No. 1, Juni 2016: h. 17-31
Gunawan, Heri. (2014). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Jamaluddin, Dindin (2013). Paradigma Pendidikan Anak Dalam Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Keosoema, Doni (2010). Pendidikan Karakter Integral. Kompas, 11 Februari 2010
Mansur, Herawati & Budiarti, Temu. (2014). Psikologi Ibu dan Anak. Jakarta: Salemba Medika
Matta, M. Anis (2006). Membentuk Karakter Cinta Islam. Jakarta: Ali’ Tishom Cahaya Umat
Nazmul, Adam (2011). Peranan Orangtua Dalam Membentuk Kepribadian Anak. Rineka Cipta
Piaget, Jean. (1970). Science of education and the psychology of the child. New York: Viking.
Samsudin (2019). Pentingnya Peran Orangtua Dalam Membentuk Kepribadian Anak. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, Vol. 1, No. 2, Desember 2019, h. 50-61
Shafwan, Muhammad Hambal, 2014, Intisari Sejarah Pendidikan Islam, Solo, Pustaka Arafah.
Shaleh, Abdul Rachman, 2005, Pendidikan Agama & Membangun Watak Bangsa, Jakarta, RajaGrafindo Persada
Sjarkawi (2006). Pembentukan Kepribadian Anak. PT Bumi Aksara.
Subianto, Jito (2013). Peran Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, Vol. 8, No. 2, Agustus 2013
Sumardisuryabrata (1986). Psikologi Kepribadian, Edisi 3. Rajawali Press
Syah, Muhibbin (2016). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ulwan, Abdullah Nashih (2002). Pendidikan Anak dalam Islam, Pustaka Amani, Jakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.