PENGUATAN LITERASI ISLAM DALAM PENDIDIKAN DASAR

Himayah Himayah

Abstract


Pendidikan pada dasarnya bertujuan untuk membentuk sumber daya manusia yang berkualitas. Salah satu permasalahan dalam dunia pendidikan di Indonesia di era milenual, adalah rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang dan satuan pendidikan, termasuk pendidikan agama Islam. Sementara pendidikan agama Islam merupakan pendidikan dasar yang memiliki kontribusi yang besar dalam meningkatkan mutu pendidikan nasional, karena dengan pendidikan agama dapat membentuk sikap dan perilaku peserta didik. Pendidikan Agama Islam sebagai salah satu bidang studi yang dapat dijadikan sebagai sarana untuk menghaluskan nilai rasa, moral, watak dan tingkah laku manusia entitasnya ke depan akan semakin terasa penting seiring dengan akselerasi perkembangan peradaban manusia. Kesiapan langkah preventif atas kemerosotan moralitas islami peserta didik dan problematika Pendidikan Agama Islam di sekolah sekarang ini belum banyak dilakukan rekonstruksi, menyebabkan terjadinya penurunan kemampuan dalam penguasaan ilmu agama di kalangan generasi muda, baik di sekolah umum, maupun di madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk memperkuat pendidikan dasar keagamaan Islam melalui literasi Islam, yang harus dimulai di tingkat pendidikan dasar. Penelitian ini adalah kajian kepustakaan yang menganalisis konsep-konsep literasi Islam dalam dalam meningkatkan kemampuan penguasaan ilmu Agama Islam di kalangan pelajar di tingkat pendidikan dasar.

Kata Kunci: Literasi Islam; Pendidikan Agama Islam; Pendidikan Dasar


Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2017. Pembelajaran Lieterasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Kemdikbud, Buku Saku Gerakan Literasi Sekolah: Menumbuhkan Budaya Literasi di Sekolah. 2016. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menegah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ihsan. Upaya Penguatan Pendidikan Agama Islam Berbasis Literasi Pesantren. Libraria, Vol. 6, No. 1, Juni 2018

Irdawati. Yunidar. Dkk. 2017. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Media Gambar Kelas 1 di Min Buol. Kreatif Tadulako Online Januari, Vol. 5, No. 4.

Mahmud. 2017/2018. Upaya meningkatkan Keterampilan Menulis Dengan Teknik RCG (Reka Cerita Gambar) Pada Siswa Kelas VI SDN Rengkak

Mas‟ud, Abdurrachman. dkk. 2001. Paradigma Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nofrion. 2018. Komunikasi Pendidikan Penerapan Teori dan Konsep Komunikasi dalam Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Nurchaili. 2016. Menumbuhkan Budaya Literasi Melalui Buku Digital .LIBRIA. Desember, Vol. 8, No. 2.

Omih, 2017. Penerapan Metode Bercerita dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyimak Cerita Rakyat Pada Siswa Kelas V SDN Panyingkiran 3 Kabupaten Sumedang. MPD, Februari, Vol. 8, No. 1.

Patoni, Ahmad. 2004. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Bina Ilmu. Pernama, Herwulan Irine. 2019. Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Literasi Dasar. Pontianak: Yudha English Gallery.

Rembangy, Mustofa. Pendidikan Transformatif: Pergulatan Kritis Merumuskan Pendidikan Di Tengah Pusaran Arus Globalisasi. Yogyakarta: Teras, 2008

Wahidin, Unang. 2018. Implementasi literasi Media Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti. Bogor: Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Bogor.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.