Kedudukan Israiliyat Sebagai Salah Satu Sumber Tafsir

Nur Asia Hamzah

Abstract


Fenomena Isralliyyat dalam kitab-kitab tafsir al Qur’an merupakan fakta yang tidak dapat dipungkiri, sejak periode pembukuan tafsir al Qur’an sampai sekarang. Banyak kitab tafsir telah dihasilkan oleh para penafsir al Qur’an. Namun di mana sebagian besar kitab tafsir menggunakan Israiliyyat, yang dianggap sebagai unsur-unsur Yahudi dan Nasrani dalam penafsiran al Qur’an. Hal ini terjadi karena orang Yahudi mempunyai pengetahuan keagamaan yang bersumber dari Taurat dan orang Nasrani pun mempunyai pengetahuan keagamaan yang bersumber dari Injil. Cukup banyak orang Yahudi dan Nasrani bernaung di bawah panji-panji Islam sejak Islam lahir, sedang mereka tetap memlihara pengetahuan keagamaannya itu. Proses kehadiran Isra’iliyyat dalam tafsir al Qur’an berasal dari Dialog antara Rasulullah saw. dan Ahli Kitab tentang bukti kebenaran ajaran Rasulullah saw. dan kebenaran ajaran mereka. Selain itu, Isra’iliyyat juga muncul dari masuknya beberapa ulama dari ahli kitab ke dalam Islam, serta adanya Keinginan dari kalangan Muslim ketika itu, untuk mengetahui tentang seluk beluk bangsa yahudi yang pernah berperadaban tinggi.

 

Kata Kunci: Al Quran; Israiliyat; Tafsir


References


Al Qur’an al Karim

Anwar, Rasihan. Melacak Unsur-Unsur Isra’iliyyat dalam Tafsir al Tabrani dan Ibn Kasir. Cet. I; Bandung: CV. Pustaka Setia, 1999 M.

Al Asqalani, Ahmad bin ‘Ali bin Hajar. Tahzib al Tahzib. Beirut: Dar al Fikr, 1984 M.

Al Bukhari, Muhammad bin Isma’il Abu ‘Abdillah. Sahih al Bukhari. Cet. I; t.tp.: Dar Tuq al Najah, 1422 H. (Maktabah Syamilah).

Galib M, Muhammad. Ahl al Kitab: Makna dan Cakupannya. Cet. I; Jakarta: Paramadina, 1998 M.

Kementerian Agama RI, Al-Qur’an Perkata Tajwid Warna Robbani. Jakarta: Surprise PT Surya Prisma Sinergi, 2012 M.

Mardan, Al Qur’an Sebuah Pengantar. Cet. X; Jakarta: Madzab Ciputat, 2015 M.

Al Qurtubi, Abu ‘Abdullah Muhammad bin Ahmad al Ansari al Maliki. Tafsir al Jami’ li Ahkam al Quran. Al Qahirah: Dar al Hadis, 2005 M.

Shihab, M. Quraish. Membumikan al Qur’an: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat. Cet. XXII; Bandung: Mizan, 2001 M.

Syahbah, Muhammad ibn Muhammad Abu. Al Israiliyat wa al Maudu’at fi Kutub al Tafsir, Terj. Mujahidin Muhayan dkk, Israiliyyat dan Hadis-Hadis Palsu Tafsir al Qur’an: Kritik Nalar Penafsiran al Qur’an. Cet. II; Depok Jawa Barat: Keira, 2016 M.

Al Zahabi, Muhammad Husain. Al Israiliyyat fi al Tafsir wa al Hadis, Terj. Didin Hafiduddin. Jakarta: PT. Litera Antara Nusantara, 1993 M.

Al Zahabi, Muhammad Husain. Al Tafsir wa al Mufassirun. Cet. VIII; Kairo: Maktabah Wahbah, 2003 M.

Al Zahabi, Al Imam. Siyar A’lam al Nubala’. Cet. IV; Al Qahirah, Maktabah al Hadis, t.th.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.