Tantangan Mengajar E-Learning di Era Pandemik Covid-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan yang dialami guru dalam proses pengajaran di masa pandemi Covid-19. Sistem pembelajaran online yang harus dilaksanakan oleh para guru, tidak hanya menjadi permaslahan yang cukup berat bagi guru, karena sistem belajar ini masih baru, masih banyak guru yang belum menguasai metode belajar yang penggunaan aplikasi online. Penelitian ini menggunakan pendekatan dekriptif di mana data dikumpulkan melalui survei online. Sebanyak 64 guru pada tingkat SMP yang telah mengisi angket online yang diberikan, dengan pertanyaan utama mengenai tantangan yang mereka hadapi dalam melaksanakan pengajaran e-learning, baik dalam penguasaan perangkat elektronik, metode pengajaran dan imbal balik yang diberikan oleh siswa selama proses belajar mengajar berlangsung.
Hasil penelitian menemukan bahwa guru paling banyak yang memanfaatkan aplilkasi whatsapp untuk memberikan materi ajar kepada siswa sekaligus melaksanakan diskusi dan tanya jawab. Kendala yang dihadapi guru selama proses belajar mengajar adalah
Permasalahan kuota yang dimiliki oleh siswa, sehingga banyak siswa yang sering tidak mengikuti pembelajaran online. Selain keterbatasan kuota, jaringan internet yang memadai juga menjadi hambatan siswa dalam keaktifan mengikuti proses belajar mengajar. Sementara tanggapan siswa yang ditunjukkan selama proses belajar mengajar berlangsung, menunjukkan bahwa banyak siswa yang tidak dapat bertahan lama mengikuti proses belajar hingga selesai. Selama pembelajaran online berlangsung, siswa sangat mudah dihinggapi kebosanan, sehingga banyak tidak tidak mengikuti pembelajaran sampai jam terakhir.
Kata Kunci: Pandemi Covid-19; Pembelajaran online; E-Learning
References
Arifa, F.N. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Info Singkat, XII, No. 7/I/Puslit/April/2020.
Azzahra, N.F. (2020). Mengkaji Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh di Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Jakarta: Center for Indonesian Policy Studies (CIPS).
Buana, D. R. (2020). Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona (Covid-19) dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa. Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(3), 217-226.
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.
Dokumen Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) dalam format PDF ini ditandatangai oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim pada tanggal 24 Maret 2020
Hanum, N.S. (2013). Keefektifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal pendidikan vokasi, vol.3, no.1 (2013) diunduh pada journal.uny.ac.id/index.php/jpu/article/view/1584/1314
Hidayat (2017). Analisis Hambatan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Statistika Jurnal JPPM Vol. 10 No. 2 (2017) diundu tanggal 14 September 2020
Jaelani, A., dkk. (2020). Penggunaan Media Online Dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar PAI Dimasa Pandemi Covid-19 (Studi Pustaka Dan Observasi Online). Jurnal IKA, Vol. 8 No. 1, Juni 2020
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2006). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, Bab IV pasal 8. Bandung : Citra Umbara.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta.
Kusnandar. (2011). Guru Profesional. Jakarta: Rajawali Press.
Munadi Y. (2010). Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta: Gaung Persada Press.
Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Rezky, M. (2020). “Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks". Indonesia: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, vol. 1, no. 1, 2020, pp. 40-47.
Riyanda, A. R., Herlina, K., & Wicaksono, B. A. (2020). Evaluasi implementasi sistem pembelajaran daring fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas lampung. Ikra-ith humaniora: Jurnal Sosial dan Humaniora, 4(1), 66-71.
Tanzeh, A. (2011). Metodologi Penelitian Praktis. Yogyakarta: Teras.
Tjandra, D. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Abad 21. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 1-10.
Warkintin, W., & Mulyadi, Y. B. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis CD Interaktif Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 82-92.
Waryanto, N.H. (2006). Online learning sebagai salah satu inovasi pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Matematika, Vol. 2, No.1, Desember 2006: 10-23 diunduh pada http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/132304807/Online%20Learning%20sebagai%20Salah%20Satu%20Inovasi%20Pembelajaran.pdf
Wulandari, M.S. & Rahayu, N. (2010). Pemanfaatan media pembelajaran secara online (e-learning) bagi wanita karir dalam upaya meningkatkan efektivitas dan fleksibilitas
Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton, C. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1).
Refbacks
- There are currently no refbacks.