PENDIDIKAN ISLAM DALAM MEMBANGUN PERADABAN MANUSIA

Ahmad Abdullah, Hj Atikah Ahmad

Abstract


Di dalam memahami tahapan-tahapan pelaksanaan pendidikan Islam, dapat dilihat dari periodisasi pendidikan Islam ini salah satu kajian islam karena terkait dengan peristiwa yang terjadi pada masa lampau dengan berdasarkan pengembangan pendidikan islam dengan menitipberatkan pada kajian kapan terjadi, dimana tempat terjadinya, dan sispa yang menjadi tokohnya. Adapun peradaban manusia, bisa kita melihat sebuah kisah Rasulullah Saw ketika beliau melihat jenazah yahudi lewat, Rasulillah Saw berdiri sebagai wujud penghargaan. Sontak sahabat mengingatkan Rasulullah bahwa jenazah itu adalah yahudi, beliau lalu katakan meskipun yahudi tetapi dia tetaplah manusia: Alaisat nafsan”. Hal inilah yang menunjukkan bahwa Rasulullah telah meletakkan pondasi awal peradaban manusia.

Kata Kunci: Pendidikan Islam; peradaban manusia, pembangunan manusia

Full Text:

PDF

References


Hadimuliono dan Muttalib A.M. (1979). Sejarah Kuno Sulawesi Selatan. Kantor Suaka Peninggalan Sejarah dan Perbukala Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan.

JH Rapar (2002). Filsafat Politik; Plato, Aristoteles, Agustinus, Machiavenlli (Jakarta: Paradotama Wiragemilang.

Jurnal Walasuji Vol.10, No.2, desember (2019). Jurnal hubungan politik antara kerajaan Gowa, Bone, Soppeng, dan Wajo.

Limpo, S.Y., Culla, A.S., dan Tika, Z. (1995). Profil Sejarah Budaya dan Pariwisata Gowa. Pemerintah Daerah Tingkat II, Gowa Kerjasama Dengan Yayasan Eksponen 1966, Gowa Sulawesi Selatan Indonesia.

Malli, Rusli (2019). Pemahaman Masyarakat Gowa tentang nilainilai pendidikan Islam yang terintegrasi dalam sarak sebagai unsur pangngadakkang di Kab Gowa. Jurnal Visipena Vol 10, No 2.

Malli, Rusli, (2019). Penerapn nilainilai pendidikan Islam dalam sarak (syariat) sebagai unsur pangngadakkang (tradisi) bagi masyarakat Gowa. Jurnal Tarbawi Vol 4 No 2.

Mattulada (1982). Menyusuri Jejak Kehadiran Makassar dalam Sejarah. Bhakti Baru Berita Utama, Ujung Pandang, Indonesia.

Mattulada (1985). Suatu Lukisan Analitis Terhadap Antprologi Orang Bugis. Guru Besar Antroplogi Universitas Hasanuddin dan Universitas Tadulako. Gadjah Mada University Yogyakarta, Indonesia

Mukhlis dan Ribinson K. (1985). Agama dan Realitas Sosial. Lembaga Penerbitan Universitas Hasanuddin, Makassar.

Poelinggomang, Edward I, dkk (2004). Sejarah Sulawesi Selatan Jiid I. Makassar: Badan penelitian dan pengembangan daerah (Balitbangda) proinsi Sulawesi Selatan.

Rahman A.R. (1992). Nilai-Nilai Utama Kebudayaan Bugis. Hasanuddin University Press, Makassar

Sagimun M.D. (1986). Sultan Hasanuddin Menantang V.O.C. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Jakarat, Indonesia

Sambu A. H. (2016). Sejarah Kajang. Yayasan Pemerhati Sejarah Sulawesi Selatan Indonesia. Lingkar Media Yogyakarta, Indonesia.

Satria A. (2003). Pengantar Sosiologi Masyarakat Pesisir. PT. Pustaka Cidesindo, Jakarta Selatan Indonesia.

Zainuddin Tika, Lontarak Mangkasara. Ungkapan tentang kejujuran ini adalah dalam buku matthes, Makassarchhe Chrestomathie (Amsterdam: Gedrukt ED, 1992).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.