Strategi dan Implementasi Pembaharuan Pendidikan Islam

Authors

  • Lilis Permata Sari Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nasrul Nurdin Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nurliana Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nurmiani Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Bahaking Rama Universitas Muhammadiyah Makassar

Pembaharuan pendidikan Islam, Strategi, Implementasi, Tantangan, Solusi

Abstract

Strategi dan implementasi pembaharuan pendidikan Islam yang responsif terhadap tantangan global dan perkembangan zaman. Pendidikan Islam memerlukan transformasi yang menyeluruh mulai dari kurikulum, metode pembelajaran, hingga peningkatan kualitas sumber daya manusia. Strategi pembaharuan yang ditawarkan mencakup rekonstruksi kurikulum, integrasi ilmu agama dan umum, revitalisasi pendidikan karakter, serta pemanfaatan teknologi. Implementasi strategi ini dilakukan melalui perencanaan, pelatihan, evaluasi, serta kolaborasi antara lembaga, pemerintah, dan masyarakat. Makalah ini juga mengidentifikasi tantangan dalam pembaharuan pendidikan Islam seperti resistensi terhadap perubahan, keterbatasan infrastruktur, serta kualitas guru yang belum merata, dan menawarkan solusi sistematis. Diharapkan pembaharuan ini melahirkan generasi Muslim yang religius, cerdas, dan kompeten menghadapi era global.

References

Abduh, Muhammad. (2012). Risalah Pendidikan Islam: Membangun Keunggulan Pendidikan Muslim. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Abuddin Nata. (2009). Pendidikan Islam di Era Globalisasi. Jakarta: Kencana.

Ahmad Tafsir. (2012). Ilmu Pendidikan Islam dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Al-Attas, Syed Muhammad Naquib. (1999). Islamic Education: Its Meaning and Approach. Kuala Lumpur: ISTAC.

Azra, Azyumardi. (2002). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernitas. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Fadhli, M. (2024). “Collaborative Governance in Islamic Education Reform: A Sustainable Approach.” Journal of Islamic Education Studies, 9(1), 45–60. https://doi.org/10.14421/jies.2024.09104

Hamka. (2008). Islam dan Ideologi Pendidikan. Jakarta: Pustaka Panjimas.

Hidayat, A., & Naim, M. (2021). “Integrasi Literasi Digital dalam Pendidikan Islam di Era 4.0.” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5(2), 101–116. https://doi.org/10.36769/jpii.v5i2.145

Kadir, Abd. Rahman. (2019). Solusi Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group.

Madjid, Nurcholish. (2013). Islam, Kemodernan, dan Keindonesiaan. Jakarta: LP3ES.

Muhaimin. (2010). Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution, Harun. (2017). Islam dan Pembaharuan Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nata, Abuddin. (2009). Pendidikan Islam di Era Globalisasi. Jakarta: Kencana.

Rahman, A. (2022). “Digital Pedagogy and Teacher Competence in Islamic Education Reform.” International Journal of Islamic Education Research, 6(1), 77–89. https://doi.org/10.26555/ijier.v6i1.221

Sari, L. P., & Yusuf, M. (2023). “Integrative Curriculum in Islamic Education: Character and Technology Approaches.” Al-Tarbiyah: Journal of Islamic Education, 11(2), 211–227. https://doi.org/10.24252/al-tarbiyah.v11i2.2023

Tafsir, Ahmad. (2012). Ilmu Pendidikan Islam dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tarmizi, Syamsul. (2018). Menjawab Tantangan Pembaharuan Pendidikan Islam di Abad 21. Bandung: Alfabeta.

Yakan, Fathi. (2011). Islam dan Sains: Menggali Hubungan Antara Keduanya. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Zarkasyi, Imam. (2012). Pendidikan Islam di Era Modern. Ponorogo: Gontor Press.

Zuhri, Syamsul. (2015). Pendidikan Islam dan Pembaharuan. Surabaya: UMM Press.

Downloads

Published

2025-06-12

Issue

Section

Articles