Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Nagham Al-Qur’an Masyarakat Bolo Kabupaten Bima-Indonesia

Adistian Adistian

Abstract


Nagham al-Qur’an adalah tradisi mulia yang bumikan oleh Ulama terdahulu dan membaca al-Qur’an merupakan implementasi dari perintah Allah dan rasulnya. Nilai-nilai pendidikan Islam dalam nagham al-Qur’an masyarakat Bolo Kabupaten Bima-Indonesia. Adapun tujuannya adalah mendeskripsikan nagham al-Qur’an dan mengungkapkan nilai-nilai pendidikan Islam dalam nagham al-Qur’an. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yang bersifat fenomologi dengan menggunakan interdispliner. Pendekatan ini berkemampuan mengungkapkan dan menjelaskan  terkait dengan nilai-nilai pendidikan Islam dalam nagham al-Qur’an dan nagham al-Qur’an pada masyarakat Bolo-Bima Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nagham al-Qur’an sebagai respon positif masyarakat yang mengekpresikan cintanya terhadap al-Qur’an. Nagham al-Qur’an dimaknai sebagai gerakan membumikan al-Qur’an di masyarakat; nagham dalam setiap kegiatan sosial keagamaan, nagham al-Qur’an dapat diekspresikan dengan tilawah  dan Taddarus al-Qur’an. Adapun nilai-nilai pendidikan Islam dalam Nagham al-Qur’an masyarakat Bolo-Bima dapat dilihat dari beberapa aspek; tanggungjawab, keimanan dan sosial kemasyarakatan. Nilai tanggung jawab dapat dilihat dari semangat dan kegigihan masyarakat yang selalu bekerja sama dalam hal mensukseskan kegiatan Nagham al-Qur’an. Semangat gotong royong masyarakat terlihat ketika menyiapkan panggung dan menerima tamu dalam kegiatan nagham al-Qur’an. Sekalipun ada sebagian yang hanya berdiri dan lihat tanpa terlibat, tetapi perlu diingatkan agar menunjukkan nilai kebersamaan. Dari aspek sosial dapat dilihat dari bahu membahunya masyarakat memberikan bantuan moril kepada penyelenggara kegiatan tersebut. Nilai kemanusiaan seperti itu, perlu dihidupkan dalam kehidupan bermasyarakat sehingga muncul dalam pikiran bahwa hidup manusia tidak bisa hidup sendiri dan memerlukan orang lain. Selanjutnya aspek keimanan tergambar pada kecintaan masyarakat yang datang mendengarkan bacaan al-Qur’an merupakan bukti keimanan terhadap al-Qur’an sebagai sumber pedoman dan petunjuk hidup manusia, selain dari suara al-Qur’an yang indah dan menyentuh hati, ada nilai yang transendetal yang disampaikan oleh pensyarah al-Qur’an yang menjelaskan makna yang terkandung dalam ayat al-Qur’an yang orientasinya adalah menggambarkan berita keimanan yang berkaitan dengan kehidupan dunia dan ukhrawi.

 

Kata Kunci: Nilai Pendidikan Islam; Nagham al-Qur’an; Keimanan

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Abubakar. Tokoh Masyarakat dan Agama, wawancara pada tanggal 28 Agustus 2024.

Abdullah, Muh. Amin. Tokoh Masyarakat dan Agama, wawancara pada tanggal 07 Agustus 2024.

Ahmad, Abi Husain bin Faris. Mu’jam Maqa>yis al-Lughah, Kairo: Daar al-Fikr, t. t.

Al Munawar, Said Agil Husin. Aktualisasi Nilai-Nilai Quran dalam Sistem Pendidikan Islam. Ciputat: PT Ciputat Press, 2005.

Al-Makky, Hisyam bin Mahrus Ali. Bimbingan Tahsin Tilawah Al-Qur’an. Cet.I; Solo: Zam-Zam, 2013.

Aminullah, Muhammad. Haflah tilawah Al-Qur’an. vol 5; nomor 1, 2015.

Bagus, Lorens. Kamus Filsafat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Umum, 2000.

Daradjat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam. Cet. IX; Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Hammarlund, Anders. “Intoduction: An Annotated Glossary”, dalam Sufism, Music, and Society in Turkey and The Middle East; Istanbul. Swedish Research Institute in Istanbul Transaction, 2005.

Kementrian Agama RI. Al-Quran dan Terjemahnya. Jakarta Timur: Darus Sunnah, 2002.

Muhammad, Abi ‘Abdillah Ibn Ismail Ibn Ibrahim Ibn Mugirah, Bardizbah al-Bukhari al-Ja’fi, Shahih al-Bukhari, Juz IV. Beirut: Dar-al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1992.

Poedjiadi, Anna. Sains dan Teknologi Masyarakat; Model Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Nilai. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.

Rahmatullah, Nirfah. Masyarakat dan Qori’ah Kecamatan Bolo Kabupaten Bima, wawancara, tanggal 06 Agustus 2024.

Rizal, Hairul. Masyarakat Bolo Kabupaten Bima, wawancara 02 Agustus 2024.

Salim, Muhsin. Ilmu Nagham Al-Qur’an. Jakarta: PT. Kebayoran Widya Ripta, Cet.II, 2004.

Shalihah, Khadijah. Perkembangan Seni Baca Al-Qur’an Dan Qira’at Tujuh Di Indonesia. Jakarta: Pustaka Alhusna, Cet.I, 1983.

Zen, Muhaimin dan Ahmad Mustafid, Bunga Rampai Mutiara Al-Qur’an – Pembinaan Qari’-Qri’ah dan Hafidz-Hafidzah. Jakarta: Jam’iyyatul Qura’ wal Huffaz, 2006.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.