Peran dan Urgensi Motivasi Belajar Dalam Pendidikan Agama Islam

Musdalifah Nihaya

Abstract


Motivasi merupakan suatu pendorong yang mangubah energi dalam diri peserta didik  ke dalam bentuk aktivitas nyata untuk mencapai tujuan tertentu dalam proses belajar. Tujuan utama penelitian ini untuk mengetahui peran dan urgensi motivasi belajar dalam Pendidikan Agama Islam. Pendidikan penilitian ini menggunakan penelitian studi kepustakaan. Peneliti mengumpulkan data dengan membaca, menyelidiki dan menganalisis publikasi dan artikel yang diperlukan untuk penelitian. Hasil utama yang ingin dicapai adalah pengaruh peran dan urgensi motivasi belajar dalam pendidikan agama islam. Peran dan urgensi motivasi belajar sangatlah penting untuk peserta didik dalam pendidikan agama islam, bisa dikatakan sebagai kekuatan yang terdapat dalam diri peserta didik yang mendorong untuk berbuat. Motivasi belajar saling berkaitan dengan faktor lain, baik faktor eksternal maupun faktor internal.

Kata Kunci: Peran Motivasi, Urgensi Motivasi, Motivasi belajar, Pendidikan Agama Islam

Full Text:

PDF

References


Muhibbin Syah, M.Ed. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Muh. Dalyono. (1997). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nini Subini. (2012). Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Mentari Pustaka.

Oemar, Hamalik. (1992). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: CV. Sinar Baru.

Ramayulis. (2009). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Saiful Bahri Djamarah. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

W. S. Winkel. (2004). Psikologi Pengajaran cet. 6. Yogyakarta: Media abadi.

Yudrik, Jahja. (2011). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.