Tantangan Pembelajaran Bahasa Arab di Era Digital

Fatmawati Fatmawati

Abstract


Penelitian ini mengungkapkan tantangan yang dihadapi pengajar bahasa Arab di era digital. Perkembangan teknologi telah menimbulkan tranformasi yang signifikan dalam sistem pembelajaran di semua bidang, termasuk dalam pembelajaran bahasa Arab. Era digital telah mempermudah akses manusia ke berbagai sistem pembelajaran memberikan kesempatan yang luas dalam mempelajari semua hal dengan mudah. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, telah ikut mentransformasi metode pembelajaran bahasa Arab. Transformasi tersebut menjadi tantangan besar bagi para pengajar bahasa Arab, untuk dapat beradaptasi dengan perubahan tersebut, agar dapat meneruskan ilmu bahasa Arab secara tepat dan efektif kepada pembelajar. Tantangan transformasi pembelajaran bahasa Arab, terutama dalam pelaksanaan praktik berbahasa yang harus diikuti oleh siswa pembelajar bahasa Arab dengan tepat dan benar. Penelitian ini merupakan kajian kepustakaan dengan menelaah metode pembelajaran manual yang sudah dipraktikkan selama berabad pembelajaran bahasa Arab, dan analisis metode pembelajarn dengan sistem digital.

 

Kata Kunci: Pembelajaran bahasa arab, tranformasi pembelajaran, teknologi informasi

References


Ahmad Nurcholis, Muhamad Asngad Rudisunhaji, Syaikhu Ihsan Hidayatullah, ‘Tantangan Bahasa Arab Sebagai Alat Komunikasi Di Era Revolusi Industri 4.0 Pada Pascasarjana IAIN Tulungagung’, Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 3.2 (2019), 284–98

Amiruddin, A. Z., Halim, Z. A., & Zainuddin, N. (2021). Reka Bentuk dan Pembangunan Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Talian. E-Jurnal Bahasa Dan Linguistik (e-JBL), 3(1), 18–30.

Asbarin, A., & Amalia, N. N. (2022). Tantangan dan Problematika Pembelajaran Bahasa Arab pada Santri MTs Al-Irsyad Tengaran 7 Kota Batu. AL-WARAQAH Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2). https://doi.org/10.30863/awrq.v3i2.3033

Awwaludin, M., Malik, S., & Siswanto, N. D. (2022). Pembentukan Lingkungan Bahasa Arab dalam Meningkatkan Penguasaan Bahasa Arab pada Pesantren Bahasa Arab (MIM LAM). Definisi: Jurnal Agama Dan Sosial-Humaniora, 1(1).

Fatmawati, F., & Anjarsari, P. (2021). Stimulus guru dan respon siswa dalam pembelajaran bahasa arab di tingkat SMP. AL-URWATUL WUTSQA: Kajian Pendidikan Islam, 1(2), 13-26.

Habibah, N. (2016). “Lingkungan Artifisial Dalam Pembelajaran Bahasa Arab,” Arab. Jurnal Pendidik Bhs. Arab dan Kebahasaaraban, vol. 3, no. 2, pp. 173–196

Mahfuddin, A. (2015) “Pengembangan Program Pembelajaran Berbasis Kompetensi untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Asing di Perguruan Tinggi,” Sosiohumanika, vol. 8, no. 1

Mayasari, I., & Fatmawati, F. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Power Point dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VIII SMP Unismuh Makassar. Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(2), 40-56.

Mudinillah, A., & Indarpansa, S. M. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Plotagon Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Kelas X MAN. Ad-Dhuha: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Budaya Islam, 3(1), 31–43

Muhammad Luqman Hakim, "Pemanfaatan Media Pembelajaran Game Interaktif Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab," Arabi: Journal of Arabic Studies, Vol. 2, No. 2, 2017: 156–162.

Mustofa, B., & Hamid, M. A. (2016). Metode dan strategi pembelajaran bahasa Arab. In UINMaliki Press, Malang

Priantiwi, T. N., & Abdurrahman, M. (2023). Analisis Konten Pembelajaran Bahasa Arab Pada Media Tiktok. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1365–1371

Sapri, S., Nasution, A. M., Siregar, D. C., Shakila, F. A., Fadilaturrizqi, M., Alia, R., Harahap, S. M. A., & Siregar, T. H. (2024). Persepsi Generasi Z Terhadap Pembelajaran Bahasa Arab di MI. Jurnal Arjuna: Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 2(1), 42–50.

Satrio, M. (2020). pengembangan desain materi ajar bahasa arab. In Stain Sar. (Vol. 13, Issue 1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.