Pendidikan Islam dan Pembinaan Etika Moral

Hj Maryam

Abstract


Islam merupakan ajaran agama yang utuh dan lengkap, yang tidak sekedar memberi atensi terhadap satu dimensi kehidupan, tetapi juga menekankan aspek rohani. Islam senantiasa memberi tempat bagi penghayatan keagamaan yang bersifat eksoteris. Dalam mencapai aspek tersebut, diperlukan suatu proses pendidikan yang mesti dilalui oleh umat manusia. Bagaimanapun, pendidikan mempunyai arti penting bagi kehidupan manusia, yang memiliki kekuatan untuk membantu manusia mencapai kemegahan dan kemajuan peradaban. Pendidikan Islam adalah usaha untuk mendidik jiwa, membina mental intelektual dan melati fisik agar bertindak sopan, ikhlas dan jujur sebagai wujud akhlakul karimah. proses untuk mencapai dan meningkatkan kesejahteraan hidup, maka setiap orang/individu diperintahkan untuk belajar secara terus menerus sepanjang hidupnya, dan hal itu merupakan konsekwensi logis ditetapkanya manusia sebagai khalifa di muka bumi ini. pendidikan merupakan bagian dari tugas kekhalifahan manusia.

Kata Kunci: Pendidikan, Etika Moral, Pembinaan Mental

Full Text:

PDF

References


Al-Abrasyi, M. Athiyah. (1970). Dasar Pokok Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

Azizy, A. Qodri. (2002). Pendidikan Agma Untuk Membangun Etika Soasial. Cet. I; Semarang: CV. Aneka Ilmu

Darajat, Zakia. (1995). Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah, Jakarta: Ruhama.

Getteng, Abd. Rahman. Tantangan Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Era Teknologi dan Globalisasi, dalam lentera edisi Perdana. Ujung Pandang, Fakultas Tarbiyah IAIN Alauddin Makassar.

Langgulung, Hasan. (1993). Pendekatan dan Peradaban Islam. Jakarta: Pustaka al-Husna.

Madjid, Nurcholish. (1995). Islam Agama Peradaban: Membangun Makna dan Relevansi Doktrin Islam dalam Sejarah. Cet. IV; Jakarta: Paramadina.

Mapaganro. (2002). "Prospek dan Tantangan pendidikan Islam dalam Konteks Ke-Indonesiaan", Makalah Seminar Regional Badan Eksekutif Mahasiswa Fak. Tarbiyah IAIN Alauddin Makassar. Gedung Serba Guna: 5 Peb 2002

Nasution, M. Yunan. Pegangan Hidup, jilid 3 (Cet. V; Jakarta: Ramadhani, t.th.

Quthb, Muhammad. (1993). Sistem Pendidikan Islam . Cet. III; Bandung: PT. Ma'arif.

Sulastomo, Nunuk Murdiati. )1993). "Pengaruh Pembinaan Sikap Yang Kurang Efektif" Majalah NP Keluarga, No. 251.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.