Meningkatkan Hasil Belajar PKN Melalui Penggunaan Media Whell of Name pada Siswa Kelas IV SDN 214 Inpres Bawalangiri

A. Muhammad Yusri, Rahmi Rahmi, Nurul Amalia

Abstract


Penelitian ini disusun dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata Pelajaran PKn Materi nilai-nilai Pancasila dengan menggunakan Aplikasi Wheel of name pada peserta didik kelas IV SD SDN 214 Inpres Bawalangiri. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun fokus masalah pada penelitian ini adalah tentang bagaimana kualitas pembelajaran PKn yang masih konvensional dan belum optimal sehingga perlu diupayakan agar lebih menarik dan berkesan sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV Sekolah Dasar SDN 214 Inpres Bawalangiri. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kolektif (penelitian tindakan kelas). Penelitian mencakup lebih dari satu siklus, tergantung permasalahan atau kendala yang ditemui selama penelitian. Setiap siklus melalui tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode aplikasi Wheel of Name pada materi nilai-nilai pancasila untuk mata pelajaran PKn sangat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa SDN 214 Inpres Bawalangiri secara menyeluruh. Dimana terjadi peningkatan ketuntasan belajar yaitu pada siklus I sebesar 68,58% sedangkan pada siklus meningkat II menjadi 88,5

Kata Kunci: Pembelajaran, Media Wheel of Name, PKN

Full Text:

PDF

References


Aksara, Aryani, Ine dan Markum Susatini. (2015). Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Nilai. Bogor: Ghalia Indonesia.

Aqib, Zainal. (2014) . Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Konstektual (inovatif). Bandung: Yrama Widya

Ariani, Niken & Dany. (2017). Pembelajaran Multimedia . Jakarta: Prestasi Pustaka.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi

Badan Standar Nasional Pendidikan.( 2013). Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Bestari, Prayoga dkk. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan: Menjadi Warga Negara yang Baik untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.

Darmawan, Dani. (2013). Teknologi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Norma & Siti. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran PKN Berbasis Aplikasi Pembelajaran dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Kaunia.

Purwanto.(2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi dan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Slameto.(2017). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Link

http://www.imrantululi.net/berita/detaiil/6-macammacam-media-pembelajaran-serta-contohnya-tingkatkan-semangat-belajar-siswa


Refbacks

  • There are currently no refbacks.