Pemanfaatan Media Digital Pada Pembelajaran Al-Islam Kemuhammadiyahan Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP Unismuh Makassar

Ahmad Abdullah

Abstract


Penelitian ini membuktikan bahwa pemanfaatan media digital sangat efektif dalam memberi efek motivasi belajar siswa pada pembelajaran Al-Islam kemuhammadiyahan. Hal ini bisa terlihat pada tahapan pengenalan, simulasi, dan praktek dengan menggunakan Smart TV, radio, LCD power point dan vidio pembelajaran lainnya. Faktor yang mendukung dalam pembelajaran ini adanya sarana dan prasarana yang lengkap, alat dan metode pembelajaran serta motivasi itu sendiri. Wujud dari pelaksanaan ini adanya kesadaran bagi guru dalam memberi motivasi siswanya secara maksimal.

Kata Kunci: Pemanfaatan media digital; Motivasi belajar siswa; Al Islam Kemuhammadiyahan

Full Text:

PDF

References


Al-Qur'an dan terjemahan

Abdillah, Abu Muhammad ibn Isma’il ibn Ibrahim ibn al-Mugirah ibn Bardarbah al-Bukhari, Shahih al-Bukhari. Kitab al-Jum’ah, Nomor 3202

Azhar, Arsyad. Media Pembelajaran (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2010).

Departemen Agama RI, Panduan Kegiatan Ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagan Agama Islam, 2005)

Fauzi, Ali dan Juni Muslimin, Pendidikan Al-Islam untuk SMP/MTs Muhammadiyahan Kelas VIII (Surabaya: Majelis Dikdasmen PWM Jatim, 2017)

__________ Panduan Penulisan Karya Ilmiah, (Cet-1; Fakultas Agama Islam universitas Muhammadiyah Makassar, 2019).

Hamdani, Strategi Belajar Mengajar (Bandung: Pustaka Setia, 2011)

Iwan, Falahudin, Pemanfaatan Dalam Media Pembelajaran, Jurnal, Lingkar Widyaiswara, vol. 1, no. 4, 2014.

J, Lexy Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2000)

K., Cheung, 2009, Integrating media education into liberal studies: a positive response to curriculum reform in Hong Kong, The Curriculum Journal, Vol. 20, No. 4.

Lailatul, Fitriyah. Mohammad Jauhar, Pengantar Psikologi Umum (Jakarta: Prestasi Pustakaraya, 2014)

Muh. Arif, dkk, Efektivitas Penggunaan Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kemampuan Mempraktikkan Shalat Bagi Peserta Didik Mi Al-Wathaniyah Kota Gorontalo, (Volume 14 Nomor 2 Desember 2019).

Muhasim, Pengaruh Tehnologi Digital, Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik, Jurnal, Palapa: Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, Vol. 5, No. 2, 2017.

Musfiqon, Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran (Jakarta: Prestasi Pustaka, 2012).

Stephanus, Aranditio. Media Baru dan Karakteristiknya, Artikel, Kompasiana, diakses pada,https://www.kompasiana.com/stephanusaranditio/media-baru- dan-karakteristiknya_54f8c48aa333115c378b46a6 tanggal 03 Maret 2023.

Usman, El-Qurtuby, dkk, Al-Qur’an Perkata Warna Ar-Riyadh, (Cordoba: Darunaasyir Alqurtubah adauliyah, 2015)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.