PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X ANTARA SISWA LULUSAN SMP DAN MTS DI SMA MUHAMMADIYAH KALOSI KAB. ENREKANG

Muhammad Arif, Ferdinan Ferdinan

Abstract


Perbandingan Hasil Belajar Mata Pelajara Pendidikan Agama Islam Kelas X Antara Siswa Lulusan SMP dan Siswa Lulusan MTS di SMa Muhammadiyah Kalosi Kab. Enrekang. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X siswa yang lulusan SMP di SMA Muhammadiyah Kalosi. Untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X siswa yang lulusan MTS di SMA Muhammadiyah Kalosi. Untuk mengetahui perbandingan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X siswa yang lulusan SMP dan siswa yang lulusan MTS di SMA Muhammadiyah Kalosi

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode komparatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X di SMA Muhammadiyah Kalosi yang berjumlah 153 siswa, dan sampelnya berjumlah 124 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu menggunakan Non-Probability Sampling dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji t (independent sampel t test. Tehnik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar atau nilai dari 62 siswa kelas X lulusan MTS, yang memperoleh nilai tuntas yakni sebanyak 45 orang dan yang memperoleh nilai tidak tuntas yakni sebanyak 17 orang, dengan nilai tertinggi yakni 88, nilai terendah yakni 40. (2) Hasil belajar atau nilai dari 62 siswa kelas X lulusan SMP, yang memperoleh nilai tuntas yakni sebanyak 38 orang dan yang memperoleh nilai tidak tuntas yakni sebanyak 24 orang, dengan nilai tertinggi yakni 89, dan nilai terendah yakni 40. (3) Perbandingan hasil belajar atau nilai siswa kelas X berdasarkan nilai rapor antara siswa yang lulusan SMP dan siswa yang lulusan MTS nilainya tidak jauh berbeda, dapat dilihat dalam uji Independent Sample T-test, diperoleh nilai t hitung sebesar 1,333 dan t tabel sebesar 2,000. berdasarkan nilai tersebut dapat diketahui bahwa nilai t hitung lebih kecil dari nilai t tabel yang artinya tidak terdapat perbedaan hasil belajar Pendidikan Agama Islam Kelas X yang signifikan antara siswa yang lulusan SMP dengan siswa yang lulusan MTS di SMA Muhammadiyah Kalosi.

Kata Kunci: Perbandingan, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam, Lulusan SMP, Lulusan MTS


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta.

Bakhtiar, Nurhasanah. 2013. Pendidikan Agama di Perguruan Tinggi Umum, Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Barseli, Mufaddal, Riska Ahmad, & Ifdil Ifdil. 2018. Hubungan stres akademik siswa dengan hasil belajar, Jurnal Pendidikan Indonesia, Vol.4, No.1.

Firmansyah, Mokh Iman. 2019. Pendidikan Agama Islam: Pengertian, Tujuan, Dasar, dan Fungsi, Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol.17, No. 2.

Fitrianti, Leni. 2018. Prinsip Kontinuitas, Jurnal Pendidikan, Vol.10, No.1.

Hamalik, Oemar. 2011. kurikulum dan pembelajaran, Jakarta: bumi Aksara.

Hamdu, Ghullam dan Lisa Agustina. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA Di Sekolah Dasar, Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 12, No. 1.

Hasbullah. 2009. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: Rajawali.

https://kentibekti.wordpress.com/2015/03/21/tes-uraian-dan-tes-obyektif/ diakses pada tanggal 19 oktober pukul 23.30.

https://www.asikbelajar.com/pengertian-penilaian-hasil-belajar/ diakses pada tanggal 18 September 2022 pukul 00.52.

https://www.khittah.co/inilah-sma-muhammadiyah-kalosi-aum-pendidikan-paling-maju-di-enrekang/19570/?amp=1 diakses pada tanggal 14 Juli 2023 pukul 11.30.

https://www.kompas.com/edu/read/2022/09/02/144900171/apa-itu-pendidikan-formal-non-formal-dan-informal-ini/ diakses pada tanggal 6 Desember 2022 pukul 08.57.

https://www.silabus.web.id/prestasi-belajar-menurut-para-ahli/ diakses pada tanggal 11 November 2022 pukul 18.30.

https: //www. statistikian. com/ 2017/ 06/ penjelasan – teknik – purposive - sampling. html? amp diakses pada tanggal 18 Agustus 2023 pukul 11.46.

Idrus, Muhammad. 2009. Metode penelitian Ilmu Sosial Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif, Jakara: Erlangga.

Ilahi, Muhammad Takdir. 2012. Revitalisasi Pendidikan Berbasis Moral, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Istarani dan Intan Pulungan. 2015. Ensiklopedia Pendidikan, Medan: Media Persada.

Jaya, I Made Laut Mertha. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Teori, Penerapan dan Konsep Nyata, Yogyakarta: Quadrant.

Komang, I, I Kadek Surya Atmaja Sukendra. 2020. Instrumen Penelitian, Journal pendidikan.

Maolani, Rukaesih A. 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rajawali pers.

Mappeasse, Muh. Yusuf. 2009. Pengaruh Cara Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Programmable Logic Controller (Plc) Siswa Kelas III Jurusan Listrik Smk Negeri 5 Makassar.

Mujib, Abdul, dan Jusuf Mudzakir. 2008. Ilmu pendidikan Islam, Jakarta: Kencana.

Ramayulis. 2005. Metodologi Pendidikan Agama Islam, Cet. VII; Jakarta: Kalam Mulia.

Republik Indonesia, 2007. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 55 Tahun 2007 tentang, Pendidikan Agama dan Agamanya, Pasal 1 ayat 1.

Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang, Sistem Pendidikan Nasional, pasal 3.

Republik Indonesia. 2016. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi V, (Jakarta:2016), https://play.google.com/store/apps/details?id=yuku.kbbi5 (17 November 2022).

Rizqiyah, Lailatur. 2018. teknik tes dan nontes sebagai alat evaluasi hasil belajar.

Rohmah, Noer. 2009. Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: Teras.

Sastrapradja, Muhammad. 2001. Kamus Istilah Pendidikan dan Umum, Surabaya: Usaha Nasional.

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Siyoto Sandu, Sodik Ali. 2015. Dasar Metodologi Penelitian, Yokyakarta: Literasi Media Publishing.

Sugiono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Suryansih, Euis. 2022. Peningkatan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dengan Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Ciwaru. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, Vol.2, No.1.

Tiro, Muhammad Arif. 2006. Dasar-dasar Statistika, Cet. VII; Makassar: Badan Penerbit UNM.

Try, Anni Chatherina. 2006. Psikologi Pelajar, Semarang: UNNES.

Tohirin. 2014. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Integrasi dan Kompetensi, Edisi Revisi, Jakarta: Rajawali Pers.

Usman, Husaini dan Purnomo Setiady Akbar. 2017. Metodologi Penelitian sosial, Cet. III; Jakarta: Bumi Aksara.

Wijaya, Candra dan Syahrum. 2012. Penelitian Tindakan Kelas Konsep dan Penerapannya Dalam Ruang-Ruang Kelas, Medan: La Tansa.

Zulfa, Lala Laila, Euis Mauna Mujibah, dan Zahra Fitrah Rajaguguk. 2020. Pelatihan Penggunaan Perangkat Berbasis Internet Dalam Pengumpulan Data Penelitian Masa Pandemi COVID-19 Memperhatikan Surat Keputusan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nomor 13 A Tahun 2020 Tentang Perpanjangan Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Virus Corona Di Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.