Implementasi Pembinaan Nilai-Nilai Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Kesadaran Beragama Siswa Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Sibatua Kabupaten Pangkep

Ahmad Abdullah, Muh Marzuq F.R

Abstract


Penelitian ini membuktikan bahwa pelaksanaan pembinaan nilai-nilai alquran pada siswa berjalan lancar dan maksimal melalui tahapan perencanaan, pengawasan, supervising dan monitoring yang dilakukan oleh guru. Pengamalan nilai tersebut adalah nilai akidah, nilai ahlak, nilai kejujuran, nilai kesabaran, dan nilai ihsan. Wujud dari pengamalan ini terbentuknya kesadaran diri setelah banyak mendaptkan pembinaan secara berkala di dalam kelas maupun di mushallah. Motivasi dari orang tua dan guru sangatlah penting dalam kelanjutan pembinaan nilia- nilai alquran.

Kata Kunci: Pembinaan Nilai-Nilai Alquran dan kesadaran beragama siswa

Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an Al-Karim. Kementrian Agama Republik Indonesia. Al-Qur’an dan Terjemahannya, (Jakarta Pusat: Samad 2014)

Abdul Wahad Solichin, Analisis Kebijakan Dari Formulasi ke Implementasi Umum. Bogor: Ghalia Indonesia, 2005.

Aminudin, et. all, Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi Azumardi Azra, Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Melinium Baru, (Jakarta : Logos Ciputat, 2019).

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010)

Darajat , Manpan. (2018). Sejarah Madrasah di Indonesia. al-Afkar. Emzir, Analisis Data: Metodologi Penelitian Kualitatif, (Jakarta: Rajawali pers, 2011)

Hadarinawi. Metode Pnenlitian Bidang Sosial. (Yogyakarta: Gajah Madjah University Press, 2017.

Ibrahim, Marwah Daud. Teknologi Emansipasi dan Transendensi, (Bandung: Mizan, 2018).

Idris, Abdul Fatah. Hadis-Hadis Prediktif dan Teknis (Studi Pemikiran Fazlur Rahman). Semarang: Pustaka Rizki Putra, 2002.

Mansur, Isna, Diskursus Pendidikan Islam, (Yogyakarta : Global Pustaka 2018).

Moleong, Lexy J. Metodelogi Penelitian Kualitatif. (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2017)

Shihab, M. Quraish. Membumikan Al-Qur’an, Bandung: PT Mizan Pustaka, 2004.

Shihab, M. Quraish. Wawasan Al-Qur’an Tafsir Tematik atas Berbagai Persoalan Umat, (Mizan Khazanah Ilmu-Ilmu Islam, 2007).

Sudjana, H.D. Manajemen Program Pendidikan Untuk Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, (Bandung : Falah Prduction, 2004), hlm 236-237.

Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R dan B (Bandung: Alfa Beta, 2014).

Sukmadinata, Nana Syapodih. Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: PT. Remja Rosdakarya, 2001).

Surakhmad, Winarno. 1994, Pengantar Penelitian Ilmiah, (Bandung: Tarsito)

Syafuddi. Arus Tradisi Tadwi Hadis dan Histografis Islam, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011).

Thoha, M. Chabib. Kapita Selekta Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Pustaka belajar 2017).

Zulhanan. (2016). Model Pembelajaran Bahasa Arab Komunikatif. Jurnal Siswaan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban. Vol 7, Nomor 3. 3-6


Refbacks

  • There are currently no refbacks.