Sejarah Pendidikan Islam Dalam Perspektif Metode Penelitian Sejarah

Usman Pahero, Bahaking Rama, Abd. Rahim Razaq

Abstract


Penelitian sejarah terhadap pendidikan Islam merupakan hal yang urgen, setidaknya bisa mengingatkan kembali khasanah intelektual yang pernah di miliki umat Islam di masa lampau. Kesadaran historis ini akan mempertegas kedudukan dan tradisi keilmuan khususnya dalam kajian tentang pendidikan Islam.  Al-Qur’an dan Hadits amat ideal dan agung sebagai sumber ilmu pengetahuan yang progresif, dinamis, menghargai akal pikiran manusia dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, bersikap terbuka dan seimbang dalam memenuhi kebutuhan material dan spritual. Metodologi peneliian sejarah merupakan jawaban terhadap peristiwa-peristiwa bersejarah perkembangan dan pertumbuhan pendidikan islam. Oleh kerena itu, dalam perspektif merekonstruksi sejarah pendidikan Islam dibutuhkan pendekatan metodologi penelitian sejarah yang bertujuan memberikan informasi yang benar dan akurat berdasarkan fakta-fakta dan bukti sejarah sehingga kebenarannya diterima dapat secara logika emperik dan berdasarkan kajian akademik (ilmiah). 

Kata Kunci: Pendidikan Islam Dalam Perspektif Metode Penelitian Sejarah


Full Text:

PDF

References


Abuddin Nata, Metodologi Studi Islam, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 1998

Sobana, AS. Metode Penelitian Sejarah. Bandung: Makalah Workshop, 2008.

Arkersmit, Refleksi Tentang Sejarah; Pendapat-pendapat Modern tentang Burhan Bungin, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya, Prenada Media Group, Jakarta, Cet 6, 2011.

David Thomson, The aims of History; Value of the Historical Attitude. London: Thames and Houston, 1974.

Dudung Abdurrahman, Meode Penelitian Sejarah, PT. Logos Wacana Ilmu, Jakarta, 1999

Dirjen Binmas RI, Metode Penelitian Sejarah, Depag RI, Cet II, Jakarta, 2019

Hasan Usman, Metode Penelitian Sejarah, terj. Muin Umar, dkk. Jakarta: Depag, 1986.

Jr. Robert Berkholer, A behavioral Approach to Historical Analysis. New York: The Free Press, 1971.

Garraghan, SJ. Gilbert, A Guide to Historical Method. New York: Fordham University Press, 1975.

Kuntowijoya, Pengantar Sejarah. Yogyakarta: PT. Tiara Kencana, 1994.

Kuntowijoyo, Pengatar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Yayasan Benteng Budaya, 1995.

Louis Gottschalk, Mengerti Sejarah, Cet ke 4. Terj. Nugroho Notosusanto. Jakarta: UI Press, 1985.

Muin Umar, dkk., ed. Penulisan Sejarah Islam di Indonesia dalam Sorotan. Bandung: Mizan, 1985.

MS. Basri, Metodologi Penelitian Sejarah (Pendekatan, Teori dan Praktik). Jakarta: Restu Agung, 2006.

Renier, G.J. Metode dan Manfaat Ilmu Sejarah. Terj. Muin Umar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. (Judul asli: History its Purpose and Method), 1997.

Sidi Gazalba, Pengantar Sejarah Sebagai Ilmu, (Bharata; Jakarta, 1981.

Soedjatmoko, dkk., ed. Histografi Indonesia Sebuah Pengantar, terj. Mien Djubhar. Jakarta: PT. gramedia, 1995.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.