PENERAPAN METODE KOMUNIKATIF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ARAB SISWA SMP AISYIYAH GOWA

Fatmawati Fatmawati, St Rajiah Rusydi

Abstract


Penelitian bertujuan untuk menguji penerapan metode komunikatif dalam meningkatkan kemampuan maharah al-kalam di kalangan siswa SMP Aisyiyah Gowa. Studi ini juga berupaya menemukan solusi terhadap kendala-kendala yang dihadapi Siswa SMP Aisyiyah Gowa dalam penerapan metode komunikatif. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil studi lapangan dan analisis data, ditemukan tidak terjadi peningkatan kemampuan maharah al-kalam siswa melalui penerapan metode komunikatif. Ditemukan bahwa siswa hanya mampu menggunakan kalimat-kalimat pendek berbahasa Arab yang sudah dihafalkan dan masih banyak di antara para siswa yang tidak bisa menghafal mufradat yang telah diberikan. Selain itu, masih banyak siswa yang belum lancar membaca iqra’ dan kesulitan dalam melafalkan serta membaca bahasa Arab. Salah satu faktor yang menyebabkan lambatnya perkembangan siswa dalam penguasaan membaca dan menghafal iqra, adalah terbatasnya jam pelajaran bahasa Arab di sekolah, sehingga proses pembelajaran bahasa Arab menjadi tidak maksimal.

Kata kunci: Bahasa Arab, Maharah al-kalam, Metode komunikatif

References


Ahmad, Mawardi, Ismail Akzam, and Yenni Yunita. "Pengaruh Program Kelas Bahasa Arab pada Lembaga CELAD terhadap Penguasaan Mufrodat (Kosa Kata) Mahasiswa." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 16.1 (2019): 58-77.

Anshori, Taufiq. (2013, Maret). Metode Komunikatif dalam Pelajaran Bahasa Arab. Jurnal Siswaan. Vol 3, Nomor 2. 8-9

Arsyad, A. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. Surabaya: Pustaka Pelajar, 2003.

Astami, Ningrum, Budihardja. (2013, November). Efektifitas Metode Komunikatif Pada Mata Kuliah Menyimak dan Berbicara II. Jurnal Lingual Cultura. Vol 7, Nomor 2. 3-4

Bahruddin. 2017. Rekonstruksi Pengembangan Siswaan Bahasa Arab. Sidoarjo: CV. Lisan Arabi.

Dwi Toriyono, Muhammad. (2017, September). Pembelajaran Bahasa Arab dengan Metode Komunikatif di Kampung Arab Kebumen. Jurnal Siswaan. Vol 2, Nomor 2. 10

Edi. (2015, Agustus). Metode Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Siswaan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban. Vol 7, Nomor 3. 7-10

Hamid, M,.& Fatimah, S.” Development of Arabic Conversation Material Based on Communicative-Interctive Approach.” Journal Of Arabic Learning, (2002): 46-63.

Hendri. (2017, Januari). Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Melalui Metode Komunikatif. Jurnal Kesiswaan Islam. Vol 3, Nomor 2.

Hermawan, Acep. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2011.

Izzan, Ahmad. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Humaniora. 2011.

Makinuddin, M. “Metode Pengajaran Bahasa.” Jurnal Studi Islam, MIYAH: (2017).

Minatullah, Minatullah. Upaya Meningkatkan kemampuan Bahasa Arab siswa melalui penerapan metode komunikatif (studi kasus di SDI Surya Buana Malang) Diss. University of Muhammadiyah Malang, 2019.

Muradi. (2014, Februari). Metode Komunikatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Siswaan Bahasa Arab dan Kebahasaraban. Vol 1, Nomor 1. 3-4

Nalole,D.“Meningkatkan Keterampilan Berbicara (Maharah AL-Kalam) Melalui metode Muhadtsah dalam Pembelajran bahasa Arab.”AlMinhaj: Jurnal Pendidikan Islam, (2018): 129-145.

Nur, Relit. (2011: Juli). Metode Komunikatif (at-thariqah al-ittishali) dalam pembelajaran bahasa Arab. Vol. 3, Nomor 1. 5

Putri, Christy, Suripto. (2012, Februari). Metode Komunikatif dalam Peningkatan Berbicara Bahasa Arab Siswa Dilihat dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Siswaan. Vol 2, Nomor 12. 5

Rohman, Fathur. 2015. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Madani

Rosikh, Fakhrur. (2013, Agustus). Mengajarkan Keterampilan Berbicara Kepada Penutur Non Arab. Jurnal Ummul Qura. Vol 3, Nomor 2. 10

Setiadi, Alif. (2011, September). Siswaan Bahasa dengan Metode Komunikatif: Analisis dari Teori Transformatif-Generatif Noam Chomsky. Jurnal Siswaan. Vol 4, Nomor 1. 3

Subur. (2011, Agustus). Metode Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Pemikiran Alternatif Siswaan. Vol 13, Nomor 2. 6-7

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2014.

Tuhaftul. (2016, Desember). Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Metode Komunikatif (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Al-Munawwarah Ngemplak Ngudirejo Diwek Jombang). Jurnal Penelitian dan Kajian Keislaman. Vol 4, Nomor 1. 1

Wahab, A. “Metode Pembelajaran Bahasa Arab.” Jurnal Pendidikan Bahasa Arab. (2015).

Wahab, Muhbib Abdul. "Peran bahasa Arab dalam pengembangan ilmu dan peradaban Islam." Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban 1.1 (2014): 1-20.

Yahya. (2011, Oktober). Peningkatan Keterampilan Berbicara Tematik Dengan Metode Komunikatif Pada Siswa Kelas X A MAN Kendal Pada Tahun Ajaran 2010/201. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Zulhanan. (2016, Januari). Model Pembelajaran Bahasa Arab Komunikatif. Jurnal Siswaan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban. Vol 7, Nomor 3. 3-6


Refbacks

  • There are currently no refbacks.