PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP GAYA HIDUP PESERTA DIDIK DI MTs LEMBANG BAU DESA BONEA TIMUR KECAMATAN BONTOMANAI KEPULAUAN SELAYAR

St Muthahharah, Dita Wahyuni

Abstract


Tujuan  pada penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui  penggunaan media sosial peserta didik di MTs Lembang Bau Desa Bonea Timur Kecamatan Bontomanai Kepulauan Selayar.(2) untuk  mengetahui  gaya hidup peserta didik di MTs Lembang Bau Desa Bonea Timur Kecamatan Bontomanai Kepulauan Selayar.(3)untuk  mengetahui  seberapa besar  pengaruh  penggunaan media sosial terhadap gaya hidup peserta didik di MTs Lembnag Bau Desa Bonea Timur Kecamatan Bontomanai Kepulauan Selayar.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah populasi 71 siswa dan sampel berjumlah 71 siswa yang diperoleh dari teknik random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan pengamatan, wawancara, kuesioner atau angket, dan dokumentasi. sedangkan teknik analisis menggunakan uji regresi linear sederhana.

 Hasil analisis ini membuktikan bahwa media sosial memiliki pengaruh signifikan  terhadap gaya hidup  peserta didik di MTs Lembang Bau Desa Bonea Timur Kecamatan Bontomanai Kabupaten Kepulauan Selayar dengan pengaruh  sebanyak 27,1% l. Sedangkan  73,9%  dipengaruhi  oleh variable lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Full Text:

PDF

References


Al-quran dan Terjemahnya

A.Rukaesih, Maolani, Ucu, Cahyana, Metodologi Penelitian Pendidika.PT raja Grafindo Persada .Jakarta,2016.

Azwar, S. Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar ,2009

Elektronik dalam Bimbingan Rahmiyati, Media Cetak dan Penyuluhan, http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/alhiwar/artikel/download/1210/918.

https://lifestyle.kontan.co.id/news/5-media-sosial-yang-paling-banyak-digunakan-tahun-2021.

Mahmud, metode penelitian pendidikan, Bandung pustaka setia, 2011

Martono, Nanang, Metode Penelitian Sosial; konsep-konsep kunci, Jakarta Rajawali pers, 2016

Nasrullah, Rulli, Media Sosial, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R dan D, Bandung alfabeta ,2010

Sugiyono, metode penelitian pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D) , Bandung: alfabeta, 2010

Wibawa Satria, Hariqo dan Arifin, Luqman Hakim, Panduan Optimalisasi Media Sosial Untuk Kementerian Perdagangan Republik Indonesia,(Jakarta:Kemendagri RI,2014)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.