KONSEP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PERSPEKTIF HADITS NABI MUHAMMAD SAW

Nurdin Nurdin, Arifuddin Ahmad, Rahmi Dewanti Palangkey

Abstract


Artikel ini membahas tentang   konsep pendidikan hadis anak usia dini. Anak perlu diajarkan pendidikan yang berlandaskan pada agama. Agama akan menjadi pedoman dan petunjuk mengenai suatu hal yang dilaksanakan di dalam menciptakan sikap dan perilaku yang baik sesuai dengan ajaran agama Islam serta membimbing anak agar terciptanya akhlak yang mulia. Anak merupakan harapan orang tua di masa depan dan menjadi generasi bangsa. Oleh sebab itu, orang tua seharusnya menanamkan kecerdasan intelektual dan kecerdasan spiritual karena sangat penting ditanamkan sejak dini, agar anak dapat menjadi penerus bangsa yang memiliki moral yang tinggi. Salah satu cara agar terciptanya penanaman nilai agama dan moral sejak dini adalah dengan memberikan pembelajaran berupa hadis yang diberikan kepada anak usia dini melalui suatu metode pembelajaran di lembaga pendidikan anak usia dini.

Kata Kunci: Pendidikan Hadis, Anak Usia Dini, Metode


Full Text:

PDF

References


Afwadzi, Benny. 2016. “Membangun Integrasi Ilmu-Ilmu Sosial dan Hadis Nabi.” Jurnal Living Hadis 1, no. 1 (May 6, 2016): 101–28. https://doi.org/10.14421/livinghadis. 1070.

Aisyah. 2009. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta:Universitas Terbuka.

Ali, St Nomah. 2018. “Problematika Pembelajaran Al-Qur’an Hadis Di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTs.N) 1 Kolaka.” Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam 4, no. 2 (December 28, 2018): 127–44. https://doi.org/10.31332/ zjpi.v4i2.1082.

Asadullah, M Niaz, and Nazmul Chaudhury. 2016. “To Madrasahs or Not to Madrasahs: The Question and Correlates of Enrolment in Islamic Schools in Bangladesh.” International Journal of Educational Development 49 (July 1, 2016): 55–69. https://doi.org/10.1016/j. ijedudev.2016.01.005.

Asqalany, al-, Ahmad ibn Ali ibn Hajar. Fath Al-Bary Bi Syarh Sahih al- Bukhari. Riyadh: Dar al-Taybah, 2005.

Aziz, Safruddin. 2017. “Pendidikan Spiritual Berbasis Sufistik bagi Anak Usia Dini dalam Keluarga.” Dialogia. 15 no. 1 (Juni 1, 2017): 131- 490. https://doi.org/10.21154/dialogia.

v15i1.1188.

Chasanah, Udzlifatul. 2017 “Urgensi Pendidikan Hadis Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini.” Jurnal Living Hadis 2, no. 1 (May 18, 2017): 83-115. https://doi.org/10.14421/livinghadis.2017.1357.

———. 2017“Urgensi Pendidikan Hadis Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini.”

Jurnal Living Hadis 2, no. 1 (May 18 2017): 83-115. https://doi.org/10.14421/livinghadis .2017.1357.

Elewa, A. 2019.“Authorship Verification of Disputed Hadiths in Sahih Al- Bukhari and Muslim.” Digital Scholarship in the Humanities 34, no. 2 (2019): 261–76. https://doi.org/10.1093/llc/fqy036.

Fadhli, Muhibuddin. 2016. “Pemikiran Howard Gardner Dalam Pendidikan Anak Usia Dini.” JURNAL INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal) 1, no. 1 (December 1, 2016). https:// doi.org/10.24269/jin.v1n1.2016.pp69-80.

Filasofa, Lilif Muallifatul Khorida. 2017. “Analisis Semiotika Pendidikan Moral Anak Usia Dini Dalam Kitab Tarbiyat Al-Aulad Fi Al-Islam.” Sawwa: Jurnal Studi Gender 12, no. 1 (July 6, 2017): 111–26. https:// doi.org/10.21580/sa.v12i1.1471.

file:///C:/Users/User/Downloads/Documents/62-165-1-PB.pdf

Fitriningsih, Fitriningsih. 2016. “Urgensi Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Aqidah.” Jurnal Musawa IAIN Palu 8, no. 1 (2016): 55–68.

Faizal Mochammad, dkk. 2017. Metode dan Materi PAI pada Anak Usia Dini (Makalah) Bandung: Universitas Pasundan.

Hanur, Binti Su’aidah, and Fatimah Fatimah. 2017. “Dari Pesantren Untuk PIAUD.” Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, no. Seri 2 (May 14, 2017): 898–908.

Harmika, Harmika.2015. ”Urgensi Kopetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter MTs Mursyidul Awwam Cenrana.” Masters, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/2201/. Hartini. Metodologi Pendidikan Anak. Scribd, accessed April 26, 20, https://id.scribd.com/doc/250527519/03-Metodologi-Pendidikan-Anak-n-Hartini.

Hasbiyallah, Hasbiyallah. 2016. “Relevansi Materi Hadis Pada Jurusan Pai Dengan Bahan Ajar Quran Hadis Pada Madrasah Tsanawiyah.” Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal 1, no. 1 (February 17, 2016): 71–84. https://doi.org/10.15575/ath.v1i1.2436. Hidayati, Laily. “Qashashul Quran: Pengembangan Mata Kuliah Wajib Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD).”

Isnaeni Rizki Faizal. 2020. Pendidikan Hadits untuk Usia Dini. Jurnal Hadits Nusantara.

Huda, Mohammad Nurul. 2018.“Strategi Mengajar Guru Dalam Meningkatkan Sikap Kemandirian Siswa Di PIAUD.” Ta’dibi : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 7, no. 1 (September 3, 2018): 49–76.

Jamaludin, Dindin. 2013. Paradigma Pendidikan Anak Dalam Islam. Bandung: Pustaka Setia

Jamaris, Martini, Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan, (Jakarta:Yayasan Penamas Murni, 2010),hlm.3-4.

Jumrah, Jumrah. 2019. “Developing an Intensive Course Model in Improving English Language Skills of Students of Early Childhood Islamic Education Department (Piaud).” International Journal of Language Education 1, no. 1 (March 5, 2019): 22–32. https://doi.org/10.26858/ ijole.v1i1.7435.

Khaeruman, Badri. 2010. Ulum Al-Hadis. Bandung: Pustaka Setia.

Kusmayadi, Ismail. 2013.Membongkar Kecerdasan Anak Dalam Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Maimunah, Hasan. 2009. PAUD. Jakarta: Diva Press.

Masitoh, Imas. 2018. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Memilih Program Studi (Prodi) PIAUD Di STIT NU al-Farabi Pangandaran.” Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi 1, no. 1 (May 31, 2018). https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v1i1.336.

Mudrikah, Desy Ashfirani. 2017. “Hak pendidikan anak dalam perspektif hadis dan undang-undang perlindungan anak.” Diploma, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, http://digilib.uinsgd.ac.id/17375/.

Fadhilah, Muhammad. 2012. Desain Pembelajaran PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Mulyasa.2010. Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mutiah, Diana. 2012. Psikologi Bermain. Jakarta: Kencana.

Purnomo, Agus. 2012. “Pendidikan Anak Dini Usia (PAADU) Dalam Islam: Sebuah Analisis Gender.”EGALITA 0, no. 0 (May 12, 2012). https:// doi.org/10.18860/egalita.v0i0.1965.

Puspitaloka, Nina, and Yuna Tresna Wahyuna. “Kesulitan-Kesulitan Yang Dihadapi Mahasiswa PIAUD Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris.” AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak 4, no. 2 (September 30, 2018):

–36. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i2.3071.

Retnaningrum, Wulandari. 2018. “Pendidikan Karakter bagi Anak Usia Dini Perspektif Islam.” Jurnal Warna 2, no. 2 (2018): 56–68.

Roziqoh, Roziqoh, and Suparno Suparno. 2014. “Pendidikan Berperspektif Gender Pada Anak Usia Dini.” JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat) 1, no. 1 (March 1, 2014): 86–100. https://doi.org/10.21831/jppm.v1i1.2359.

Samsukadi, Mochamad. 2015.“Paradigma Studi Hadis di Dunia Pesantren.”

Religi: Jurnal Studi Islam 6, no. 1 (April 10, 2015): 46–75.

Sayadi, Wajidi. 2012. “Hadis Daif dan Palsu dalam Buku Pelajaran Al-Qur’an Hadis Di Madrasah.” Jurnal Analisa Balai Diklat Semarang 19, no. 02

Soegeng Santoso, Ramli. Pendampingan Perkembangan Anak Usia Dini.Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. 2004.

Sulaemang, Sulaemang L. 2016. “Teknik Interpretasi Hadis dalam Kitab Syarah Al-Hadis.” Jurnal Ilmiah Ilmu Ushuluddin 14, no. 2 (March 7, 2016): 25-32.https://doi.org/10.18592/jiu.v14

i2. 697.

Sumarna, Elan. 2016. “Syarah Hadis Dalam Persfektif Kritik Dakhili Dan Khariji Menuju

Pemaknaan Hadis yang Integritas.” Taklim 526.https//jurnal.upi.edu/taklim/view/4055.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.