Penerapan Metode Hiwar Terhadap Hasil Belajar Siswa Madrasah Aliyah pada Mata Pelajaran Bahasa Arab

Fatmawati Fatmawati

Abstract


Penelitian ini menguji pengaruh penerapan metode hiwar terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran bahasa arab di Madrasah Aliyah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh hasil belajar bahasa arab siswa setelah menggunakan model pembelajaran metode hiwar. Untuk menguji pengaruh tersebut, penelitian menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini melibatkan 136 siswa Madrasah Aliyah, yang diberikan angket sebagai instrumen pengumpulan data. Selanjutnya dilakukan tes kepada seluruh responden yang terlibat. Analisis data dengan menilai uji validitas, reliabilitasm uji hipotesis dan determinasi, dengan menggunakan teknik korelasi product moment. Hasilnya, diperoleh sebagai berikut: dari hasil korelasi product moment dengan table nilai “r” product moment pada taraf signifikansi 5% dan 1% diperoleh bahwa r = 0,825 lebih besar padar baik itu taraf signifikansi 5% (0,425) dan 1% (0,537) dengan formulasi bandingan yaitu 0,923 ≥ 0,374 dan 0,478. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh positif antara penerapan metode hiwar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa arab di madrasah aliyah.


Kata Kunci : Bahasa Arab; Hasil Belajar; Metode Hiwar


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Muhammad. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : Rineka Cipta, 2008.

Al abrasyi, Mohammad Athijah. Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan bintang, 1970.

Amarodin. Penerapan Metode Hiwar Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keberhasilan Belajar Bahasa Arab Materi Istima’ Fil Baiti Siswa Kelas V MI Nashriyah Sumberejo Mranggen Demak (Skripsi, Program Sarjana UIN Walisongo Semarang, 2015.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Djamarah, S.B dan Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Eveline dan Hartini. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor : Ghalia Indonesia, 2011.

Hadi, Sutrisno. Metodologi Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

Hamdani. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia, 2011.

Syamsu Yusuf dan Nani M. Sugandi. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011.

Sudjono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013.

Trianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya : Kencana, 2009. Kementerian Agama, 2014.

Model Pembelajaran. Medan : Media Persada, 2011.

Sabri, Ahmad. Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching. Ciputat : Ciputat Press, 2010.

Syah, Muhibin. Psikologi Belajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2013.

Suryabrata, Sumadi. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008.

Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.